MAN 1 Tegal Borong Penghargaan di Festival Film Tegal 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Slawi – MAN 1 Tegal melalui Ekstrakurikuler Teater Emas borong nominasi kategori pelajar pada penyelenggaraan Festival Film Tegal (FFT) 2022. Lewat garapan filmnya berjudul Piwulang dan Garis Akhir sabet lima nominasi, yakni Ide Cerita Terbaik, Aktor Terbaik, Sutradara Terbaik, Film Pendek Terpilih dan Film Favorit FFT 2022.

Bupati Tegal Umi Azizah saat membuka acara Penganugerahan FFT 2022 di Gedung Dadali, Jumat (9/10) malam mengatakan jika festival tersebut untuk mendukung berbagai upaya pembinaan dengan mewadahi komunitas, memberikan ruang kreatif bagi tumbuh kembangnya perfilman daerah.

Kepala MAN 1 Tegal, H. Imam Shofwan memberikan apresiasi kepada segenap anggota ekstra teater emas yang sudah berjuang mengharumkan nama madrasah di FFT 2022 semoga bisa menjadi pelecut semangat untuk siswa madrasah yang lain agar semangat mengembangkan kreatifitas dan berinovasi untuk semakin berprestasi.

Sementara itu pembina ekstra teater emas, Abdul Hofir mengatakan, “Alhamdulillah Teater Emas bisa mendapat juara lagi setelah kemarin sampai nasional. Spesial karena kami mengirimkan 2 film yakni Piwulang dan Garis Akhir yang keduanya mendapat nominasi. Harapannya anak-anak tidak cepat puas dan terus mengasah diri untuk mempersiapkan festival film berikutnya.”

Adapun daftar penerima anugerah penghargaan FFT 2022 ini adalah:

  1. Poster Film Terpilih: Madah, produksi Sineas Pemalang.
  2. Ide Cerita Terpilih Pelajar: Piwulang, produksi Teater Emas MAN 1 Tegal.
  3. Ide Cerita Terpilih Umum: Sumirah, produksi Desa Sinema Kepunduhan.
  4. Pemeran Utama Terpilih Pelajar: M. Farhan dalam film Piwulang, produksi Teater Emas MAN 1 Tegal.
  5. Pemeran Utama Terpilih Umum: Tarto Slamet dalam film Madah, produksi Sineas Pemalang.
  6. Sutradara Terpilih Pelajar: Fazri Amar dalam film Piwulang, produksi Teater Emas MAN 1 Tegal.
  7. Sutradara Terpilih Umum: Marjo Klengkam dalam film Sumirah, produksi Desa Sinema Kepunduhan.
  8. Film Pendek Terpilih Pelajar: Piwulang, produksi Teater Emas MAN 1 Tegal.
  9. Film Pendek Terpilih Umum: Madah, produksi Sineas Pemalang.
  10. Film Favorit pilihan warganet: Garis Akhir, produksi Teater Emas MAN 1 Tegal.

Terkait proses penjurian, semua film pendek yang masuk diseleksi langsung oleh dewan juri profesional seperti Achmad Romie, sutradara asal Tegal yang sudah memproduksi beberapa film bioskop seperti film Mantan (2017) yang dibintangi Luna Maya. Kemudian Kelvin Nugraha, Editor film seperti Turah dan Nigh Bus, serta Adityo Barmoko Founder Studio Animasi ARK Animasi Tegal. (Nuris/bd)