Market Day Latih Siswa MTs Muhammdiyah Surakarta Dibidang Enterpreneur

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Menumbuhkan jiwa kreativitas dan enterpreneur siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah Surakarta melalui kegiatan Market Day, Rabu (05/10/2022). Market day merupakan salah satu kegiatan yang aktif dan positif untuk siswa dalam mengisi pasca tengah semester. Kegiatan yang digelar di Halaman MTs Muhammadiyah Surakarta ini berlangsung selama 2 hari, yakni dimulai dari hari Rabu-Kamis (5-6 Oktober 2022).

Market Day ini salah satu program Madrasah dan baru kali pertama dilaksanakan untuk mengenalkan jiwa enterpreneur kepada siswa. Sebagai bekal siswa terjun ke masyarakat setelah lulus nanti. Memang madrasah memberikan keleluasaan kepada siswa dalam menyalurkan kreativitasnya.

Kegiatan ini berupa belajar menjual berbagai hasil kreasi siswa utamanya dalam hal kreasi makanan dan minuman sehat yang merupakan produk dari wali siswa dan siswa itu sendiri yang dijual dengan harga  terjangkau.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk melatih jiwa marketing anak-anak dan untuk belajar bersosialisasi dengan orang lain.”ujar Endah Rusdiyani selaku Kesiswaan.

Dalam kegiatan ini semua siswa dari kelas VII-IX, baik Program Khusus (PK) maupun Pondok Pesantren dilibatkan dalam proses produksi, distribusi, dan konsumsi. Kegiatan produksi dengan memberikan tanggung jawab kepada siswa berdasarkan kelas secara bergantian untuk membuat produk yang memiliki nilai jual dan bermanfaat bagi seluruh civitas sekolah.

Kemudian siswa diminta untuk menjual produknya (distribusi), sedangkan siswa yang lain dan guru beserta karyawan MTs Muhammadiyah Surakarta sebagai konsumen. Pada hari Rabu yang berkesempatan menjualkan produknya yaitu kelas 7 PK, 7 Pondok, dan 8 PK. Sedangkan hari Kamis kelas 9 PK dan 9 Tahfidz bergantian sebagai penjualnya (distribusi).

Dalam kegiatan market day ini selain menjual makanan siswa juga menjual berbagai kerajinan tangan. Adapun menu-menu makanan dan barang yang dijual yaitu berbagai makanan modern atau kekinian yang dapat menarik para pembelinya. Diantaranya ada jajanan asal Korea yang menjadi menu best seller  di stand Kelas 7 Pondok yaitu Toppoki.

Siswa sangat antusias dalam kegiatan ini, sehingga ada beberapa stand yang berhasil menjual habis produknya dalam waktu yang singkat. Nanda dan kelompoknya, kelas 7 Pondok sekaligus salah satu pemilik stand dalam market day yang menjual toppoki mengungkapkan kepuasannya karen telah berhasil menjual  produk olahanya.

“Alhamdulillah, toppoki jualan kami laris bu, senang sekali bisa merasakan berjualan. Ternyata seru dan tidak kapok kalau berjualan lagi,”ungkap Nanda.

Selain itu juga ada sushi makanan yang berasal dari Jepang juga menjadi menu best seller di stand Kelas 8 PK. Kemudian ada menu jagung manis yang ludes terjualdi kelas 7 PK. Di Kelas 9 Tahfidz pun mengeluarkan produknya yang kekinian untuk memancing minat para pembeli dengan menu susu coklat celup. Sedangkan di kelas 9 PK ada minuman herbal dengan menggunakan tumbuhan yang banyak khasiatnya yaitu es bunga telang dan makanan tradisional gendar pecel serta bothok pepes.

Masih banyak lagi menu-menu yang dijual di stand market day ini diantaranya cireng, risol mayo, bakmi, nasi goreng, jelly, cilok, olahan frozen food, berbagai jenis minuman, dan juga manik manik seperti bros atau gantunga  kunci. Harga-harga yang dijual pun bervariasi dan terjangkau mulai dari seribu rupiah hingga sepuluh ribu rupiah.

Kepala MTs Muhammadiyah Surakarta, Sumarman memberikan motivasi dan doa dihadapan siswa dalam acara pembukaan kegiatan ini

“Market Day ini kita adakan untuk menambah pengalaman dalam hal kewirausahaan dan Semoga kegiatan ini terus berlangsung di tahun yang akan datang serta Allah SWT memudahkan gerak langkah dan aktivitas kita serta meridhoi kegiatan yang bermuatan kewirausahaan ini dalam mewujudkan Madrasah Mandiri Berprestasi.” Pintanya.(May/bd)