Meriah, Puncak Semarak Bulan Bahasa dan Peringatan Hari Santri Nasional di MAN 1 Tegal

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

(Slawi) – MAN 1 Tegal melaksanakan Upacara dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2022. Hari santri ini merupakan hari santri ke 8 sejak ditetapkan pada 22 Oktober 2015. Kepala MAN 1 Tegal Imam Shofwan bersama civitas academica melangsungkan upacara HSN di lapangan Indoor, pada Sabtu (22/10).


Upacara peringatan HSN tentunya siswa menggunakan pakaian khas santri yaitu sarung, baju koko dan peci hitam. Sedangkan Siswa putri menggunakan baju putih rok/sarung hitam dan berjilbab putih. Begitu juga dengan staf guru dan Tata Usaha. Bapak-bapak menggunakan baju koko putih bersarung dan berkopiah hitam. Sementara Ibu-ibu mengenakan gamis putih semua dan berjilbab cokelat.


H. Jamaludin selaku pembina keagaaman menjadi inspektur upacara yang mebacakan Sambutan dari Menteri Agama Republik Indonesia. Dalam sambutannya beliau mengungkapkan bahwa sejak ditetapkan pada tahun 2015, kita pada setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan peringatan Hari Santri dengan tema yang berbeda. Untuk tahun 2022 ini, peringatan Hari Santri mengangkat tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.


“Maksud tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan adalah bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara,” ucap Jamaludin.


M. Muntoha selaku ketua panitia kegiatan lomba bulan bahasa menyampaiakan bahwa setelah selesai pelaksanaan upacara HSN, acara dilanjutkan dengan rangkaian penampilan juara lomba bulan bahasa mulai dari Song campur sari, musikalisasi puisi, dai, tahfidz dan drama.


“Selain penampilan juara, hari ini juga kami serahkan penghargaan semua lomba dalam kegiatan lomba bulan bahasa,” ucap Muntoha (nuris/bd).