081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Meriahkan HSN 2022, MI Ma’arif Hizbul Qur’an Parakan Adakan Nobar Film Sang Kiai

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh pada 22 Oktober lalu, Koordinator kegiatan peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022 MI Ma’arif NU Hizbul Qur’an Parakan, Kisman menggelar nonton bareng (nobar) film yang berjudul Sang Kiai di aula Pondok Pesantren Anak Hizbul Qur’an Parakan, Purwanegara Banjarnegara, Sabtu (22/10/2022).

“Acara nobar bertujuan menumbuhkan kembali rasa cinta nasionalisme terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), terutama generasi muda. Selain itu, juga sebagai pengulas sejarah perjuangan yang telah dilakukan para santri dan ulama,” ungkap Kisman

Lebih lanjut Kisman menerangkan bahwa film Sang Kiai sendiri bercerita tentang kisah hidup dan perjuangan pendiri Nahdlatul Ulama, KH Hasyim Asy ’ari yang diperankan Ikranagara harus terkurung di penjara demi keyakinannya. Ketika bebas, KH Hasyim Asy ’ari membantu perjuangan Indonesia lewat pemikiran dan ajarannya. Ia berjuang demi kepentingan umat melalui jalan diplomasi hingga sempat masuk ke dalam organisasi bentukan Jepang, sekaligus menjadi ketuanya.

“Film garapan sutradara kondang, Hanung Bramantyo ini mengundang antusiasme penonton. Acara nobar ini selain diikuti oleh para guru dan siswa siswi juga diikuti oleh pengurus Ranting Nahdlatul Ulama Desa Parakan, Kecamatan Purwanegara,” jelasnya

Salah seorang pengurus Ranting Nahdlatul Ulama Desa Parakan, Ust. Muklis mengatakan, generasi muda kelak harus menjadi penerus ulama. “Jadilah generasi muda yang mampu memimpin NKRI, menggantikan peran ulama kita terdahulu,” ucapnya.

Salah seorang penonton, Shiffa mengungkapkan jika acara tersebut membuka sejarah baru baginya. “Seru, baru tahu ternyata santri dan ulama berpengaruh besar dalam kemerdekaan Indonesia, jadi menambah wawasan,” pungkasnya. (km)