MGMP PAI SMP Kab. Temanggung Gelar Lomba MAPSI Th. 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – MGMP PAI Kabupaten Temanggung bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Temanggung dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung  menggelar lomba Mata Pelajaran dan Seni Islami (MAPSI) Tingkat Kabupaten Temanggung, bertempat di SMP Nida Qu’ran Palada Kedu, Selasa (4/10).

Lomba ini diikuti oleh 59 SMP dengan 472 peserta  pelajar SMP se  Kabupaten Temanggung dengan 6 cabang lomba yaitu : Tahfidz, Tartil, Tilawah, Kaligrafi, Dai dan  Cerdas Cermat Islami (CCI)

Lomba MAPSI ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan, Agus Sujarwo dan dihadiri oleh Pengasuh Nida, beliau Bapak Yaqub Mubarok, Kepala Kankemenag Kab. Temanggung, H. Ahmad Muhdzir, Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan, Kasi Pais Kankemenag, Hj. Haryatiningsih.

“Meskipun ditengah situasi pandemi yang belum kunjung berakhir, kita bisa berbuat baik dan beramal sholeh untuk Kabupaten Temanggung melalui lomba MAPSI. Mudah-mudahan menjadi amal sholih bagi kita semua,” ujarnya.

Beliau juga berpesan agar juara lomba MAPSI adalah bagian dari keinginan semua peserta. Juara lomba MAPSI  hanya satu. Namun yang terdidik kerakternya, keberanianya, Insyaallah sangat banyak dengan lomba MAPSI ini.

Sementara Kepala Kankemenag Kab. Temanggung, H. Ahmad Muhdzir dalam sambutannnya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan MAPSI ini dan memberikan memotivasi kepada para peserta untuk bisa berlomba dalam kebaikan utamanya ilmu agama dengan kompetisi dibidang agama.

Beliau juga berjanji akan memberikan uang pembinaan kepada juara tahfidz jika mendapatkan medali emas di tingkat Provinsi. Pada kesempatan yang sama, Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP, Lutfi Arifin  mengatakan kegiatan MAPSI digelar dalam rangka memotivasi peserta didik dalam mengamalkan ajaran Islam.

”Pembelajaran pendidikan agama Islam tidak melulu dilaksanakan di dalam kelas. Tapi juga melalui kegiatan kompetisi agar pengetahuan Islam peserta didik dapat terus berkembang,”’ jelasnya.

Beliau menyampaikan bagi siswa dan kelompok yang meraih juara I dalam lomba ini, kelak akan menjadi wakil Kab. Temanggung dalam lomba Mapsi tingkat Jawa Tengah. Para pemenang lomba untuk Tahfidz Putra : juara pertama SMP Nida Qur’an, juara kedua SMP Sirojurrokhim,  juara ketiga SMPN 2 Temanggung. Untuk Tahfidz Putri : juara pertama SMPN 2 Temanggung, juara kedua SMPN 2 Bulu, juara ketiga SMP Al Kautsar Temanggung.

Untuk Kaligrapi Putra : juara pertama SMPN 2 Temanggung, juara kedua SMPN 2 Kandangan, juara ketiga SMPN 1 Tembarak. Untuk Kaligrafi Putri : juara pertama SMPN 1 Parakan, juara kedua SMPN 1 Ngadirejo, juara ketiga SMPN 2 Temanggung.

Untuk Tartil Putra : juara pertama SMP Sirojurokhim Pringsurat, juara kedua SMP N 2 Selopampang, juara ketiga SMP AL Kautsar Temanggun. Untuk Tartil Putri : juara pertama SMP Nida Qur’an, juara kedua SMPN 2 Temanggung, juara ketiga SMP Islam Ngadirejo.

Untuk Tilawah Putra : juara pertama SMPN 1 Kandangan, juara kedua SMPN  1 Temanggung, juara ketiga SMP Nida Qur’an. Untuk Tilawah Putri : juara pertama SMPN 1 Temanggung, juara kedua SMPN 3 Kandangan, juara ketiga SMPN 6 Temanggung.

Untuk Cerdas Cermat Islami : juara pertama SMPN 2 Temanggung, juara kedua SMP Islam Ngadirejo, Juara ketiga SMP IT Cahaya Insani. Sedangkan juara lomba Dai Putra : juara pertama SMPN 2 Temanggung, juara kedua SMP D Baito Sunan Plumbon, juara ketiga SMP Islam Ngadirejo. Dai Putri : juara pertama SMP Islam Ngadirejo, juara kedua SMPN 1 Ngadirejo, juara ketiga SMPN 2 Temanggung.(sr/rf)