MI Darul Ulum Wates Lepas Mahasiswa PPL UIN Walisongo Semarang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Kamis (20/10/2022) adalah hari terakhir pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bagi mahasiswa UIN Walisongo Semarang di MI Darul Ulum Wates. Setelah dua bulan mereka mempraktikkan mengajar yang dimulai tanggal 20 Agustus sampai 20 Oktober 2022 Tahun Akademik 2022/2023, tiba saatnya mahasiswa UIN Walisongo yang berjumlah 10 orang akan kembali ke kampus dan segera mengikuti kegiatan perkuliahan lainnya.

Dengan berakhirnya pelaksanaan PPL ini, maka mahasiswa yang PPL di MI Darul Ulum Wates mengadakan acara perpisahan, yang dihadiri oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Ibu Titik Rahmawati, seluruh guru, dan karyawan pada MI. Acara berlangsung di lantai dua ruang kelas IV Zaid dan V Zubair.

Salah seorang perwakilan mahasiswa PPL UIN Walisongo, Nadia Maida Amalia mengungkapkan rasa terima kasih kepada Kepala Madrasah, Bapak Achmad Nur Mustofa beserta jajarannya dan guru pamong, karena telah diterima dengan baik dan penuh kebersamaan dan kekeluargaan. Disamping itu, ia menyebutkan bahwa dalam pelaksanaan PPL, mereka pasti banyak melakukan kesalahan, untuk itu mewakili mahasiswa PPL, ia menyampaikan permintaan maaf kepada pihak madrasah, khususnya kepada guru pamong.

“Terima kasih banyak sudah memberikan kami banyak ilmu yang telah membimbing kami sehingga kami menjalankan PPL di MI Darul Ulum Wates dengan baik. Selama dua bulan melaksanakan PPL, apabila selama ini ada perbuatan kami yang kurang berkenan atau kurang baik, kami mohon maaf. Semoga Allah membalas kebaikan Bapak/Ibu,” ungkapnya.

Selaku Kepala Madrasah, Ahmad Nur Mustofa pun memberikan respon positif. “Hari ini, hari terakhir secara resmi melaksanakan PPL di MI Darul Ulum Wates, kami sebagai guru membuka pintu selebar-lebarnya terhadap mahasiswa, kami siap membantu apa yang diperlukan,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Ibu Titik Rahmawati selaku DPL menyampaikan apresiasi kepada MI Darul Ulum Wates. “Terima kasih sudah membersamai mahasiswa PPL dengan baik dan memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa PPL selama di MI Darul Ulum Wates,” ujarnya.

Selanjutnya, ia menyampaikan pesan kepada mahasiswa binaanya untuk segera menyelesaikan laporan pelaksanaan PPL di MI Darul Ulum Wates. “Usahakan semua urusan laporan akhir menjelang ujian telah selesai dan nantinya disaat pelaksanaan KKN (Kuliah Kerja Nyata) tidak ada yang membebani kalian,” pesannya.

Dalam pelaksanaan perpisahan tersebut, DPL dan mahasiswa PPL memberikan kenang-kenangan berupa bingkisan kepada pihak madrasah, yang kemudian ditutup dengan doa serta ramah tamah.(Atun/NBA/bd)