MTsN 6 Kebumen Gelar Psikotes Kemampuan Dasar dan Bakat Siswa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Rabu (5/10/22) Sebanyak 288 siswa kelas 7 MTsN 6 Kebumen mengikuti psikotes kemampuan dasar dan bakat di ruang kelas masing-masing. Kegiatan ini rutin diadakan setiap tahun bekerja sama dengan Yayasan Bina Psikodata Yogyakarta.

Ditemui disela-sela kesibukannya, Mohamad Makhi (Kepala MTsN 6 Kebumen) menyampaikan bahwa kegiatan psikotes untuk kelas 7 ini sangat penting dilaksanakan. “Psikotes ini bisa membantu para guru khususnya guru bimbingan konseling untuk mengetahui minat, bakat, dan potensi siswa,”ujarnya.

Sementara itu, Mufidah guru Bimbingan Konseling menuturkan psikotes ini bertujuan untuk mengungkap minat, bakat, dan potensi siswa yang nantinya akan digunakan sebagai pertimbangan menentukan sistem pembelajaran siswa dan persiapan studi lanjut yang akan ditempuh setiap siswa, “tuturnya.

Selanjutnya, hasil psikotes ini yang berupa sertifikat akan diberikan kepada siswa sebagai bahan refleksi dan pengetahuan bagi orang tuanya tentang minat, bakat, dan potensi yang dimiliki anak-anaknya,” ungkapnya.

Meskipun ini merupakan pengalaman pertama mengikuti psikotes, para siswa tampak rileks dan antusias mengerjakan soal-soal psikotes yang diberikan pendamping. Nazwa Rahdi Anggita, siswa kelas 7H menyampaikan pengalamannya mengerjakan psikotes ini.

“Alhamdulialh, saya senang bisa mengikuti psikotes ini dengan lancar. Soal-soalnya banyak dan butuh ketelitian menjawabnya, “katanya.

Psikotes ini dimulai pukul 07.15 wib hingga pukul 09.30 wib. Sebelumnya, para siswa mendengarkan penjelasan dari para pendamping Yayasan Bina Psikodata Yogyakarta tentang cara mengerjakan psikotes ini. Ada tiga aspek yang dikerjakan para siswa pada kegiatan psikotes ini yaitu aspek intelegensi, aspek minat, dan aspek bakat. (ww/fz/bd).