Penyuluh Agama Islam Kemenag Karanganyar Inisiasi Rumah Moderasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Karanganyar-Kepala Kemenag Kabupaten Karanganyar, Wiharso, melaunching Kampung Moderasi Beragama di Kecamatan Jumantono, Karanganyar. Program Kampung Moderasi Beragama di Kecamatan Jumantono  bersama Pokjaluh dan FKUB Kab. Karanganyar, Kamis, 6/10.

Wiharso dalam sambutannya menyampaikan Kampung Moderasi Beragama penting untuk menjembatani perbedaan dan kemajemukan di masyarakat. Tanpa dimanage dengan baik, kemajemukan dan perbedaan itu bisa menjadi problem.

“Agama merupakan unsur pondasi manusia dalam menjalankan aktifitas keseharian. Agama harus bisa menjadi penyejuk keberagaman dan kemajemukan di masyarakat, justru kefanatikan yang buta dalam beragama jadi boomerang kerukunan beragama. Karenanya perlu sosialisasi Moderasi dalam beragama.

Pembentukan Kampung Moderasi di Kabupaten Karanganyar termasuk di Kecamatan Jumantono, dan mudah-mudahan bisa didirikan di masing-masing Kecamatan di Kabupaten.

Launcing Kampung Moderasi Beragama ini dihadiri oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Karanganyar, Kepala Kemenag Kabupaten Karanganyar, Polsek, Danramil, tokoh-tokoh agama dan masyarakat termasuk Ketua Pokjaluh Kabupaten Karanganyar, Hj. Ummu Hani Maryam disamping masyarakat umum.

Penyuluh Agama Islam Kecamatan Jumantono, yang menjadi inisiator awal pembentukan Kampung Moderasi Jumantono, Sri Lestari, menyatakan proses pembentukan Kampung Moderasi Beragama ini sebenarnya sudah berlangsung lama. Alhamdulillah didukung penuh oleh tokoh-tokoh masyarakat.

Disamping lauching Kampung Moderasi Beragama, dalam kegiatan ini juga diadakan Donor Darah yang berkerja sama dengan PMI Kabupaten Karanganyar.(Ida/Sua)