Rapat Kerja, Kepala MAN 4 Kebumen Jelaskan Pentingnya Manajemen Keorganisasian

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Dalam rangka memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, Kepala MAN 4 Kebumen, Suratno, M.Pd.I pada Senin (03/01) memimpin rapat kerja dengan semua pembina, pembimbing dan kordinator lomba bidang kesiswaan MAN 4 Kebumen. Rapat kerja yang ditempatkan di Masjid Al-Ikhlas itu tidak hanya diikuti oleh para pembina dan pembimbing kegiatan kesiswaan melainkan juga diikuti oleh semua dewan guru.

Dalam rapat kerja tersebut, Suratno menjelaskan pentingnya manajemen keorganisasian dan terutama adanya struktur keorganisasian yang jelas sehingga tidak terjadi tumpang tindih dalam pelaksanaannya. Suratno juga berharap antara pembina dan pembimbing dapat selalu menjalin hubungan emosionalnya dengan baik.   

“Karena itu dalam setiap ekstrakurikuler itu diperlukan adanya pembina dan pembimbing. Di antara keduanya memiliki tugas kinerja yang berbeda namun harus tetap memiliki hubungan emosional dan kerjasama yang kuat. Dengan hubungan emosional yang kuat maka kerjasama dapat terwujud. Sebab tidak mungkin dua orang dapat bekerjasama kalau tidak ada hubungan emosional pada keduanya,” kata Suratno.

Di samping itu, dalam rapat tersebut, Suratno juga menegaskan bahwa bagian kesiswaan memiliki dua tugas penting yang perlu diperhatikan, yaitu pembinaan karakter dan keterampilan. Menurutnya, apabila pembinaan karakter dan keterampilan ini dapat dijalankan secara maksimal, madrasah akan maju.

“Dalam pembinaan karakter, bila ada anak yang melakukan pelanggaran, buatkan sanksi yang sifatnya mendidik, seperti membuat keterampilan tertentu sebagai sanksinya. Dengan sanksi seperti itu, anak tidak merasa terintimidasi,” ujar Suratno.(rusdi/fz/bd).