Siapkan Tim Peserta Lomba Debat, Bidang PAI Laksanakan Seleksi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Kabid PAI Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Imam Buchori membuka acara seleksi tim peserta lomba debat.

(Ungaran) PAIS – Kepala Kanwil Kemenag Prov. Jawa Tengah berharap agar keikutsertaan Jawa Tengah dalam mensukseskan pelaksanaan festival PAI yang diselenggarakan Direktorat Pendidikan Agama Islam Kemenag RI dipersiapkan dengan baik. Hal ini diungkapkan Kakanwil pada saat memberikan pengarahan persiapan penyelenggaraan seleksi tim peserta lomba debat festival PAI yang di gelar di SMA Negeri 2 Ungaran, Kabupaten Semarang.

“Jawa Tengah harus menjadi barometernya PAI maka harus mampu menunjukan ke provinsi lain bahwa kita menjadi terbaik,” harap H. Musta’in Ahmad, (4/10/2022).

Sementara itu Kabid Pendidikan Agama Islam Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Imam Buchori menyampaikan bahwa pelaksanaan seleksi tim peserta lomba debat dari kabupaten/kota dimaksudkan untuk memilih tim terbaik yang dapat mewakili Jawa Tengah ke ajang yang lebih tinggi yaitu pada tingkat nasional.

“Lomba seleksi tim debat pada festival PAI dengan tema besar moderasi beragama untuk nanti kita kirim pada lomba festival tingkat nasional,” ungkap Imam Buchori.

Lebih lanjut Imam Buchori memaparkan bahwa kegiatan festival PAI ini dilaksanakan diantaranya bertujuan untuk mendorong sekolah agar kegiatan ke-PAI-an di sekolah bangkit kembali setelah masa pandemi berlalu.

“Sebelum pandemi biasanya tahun-tahun sebelumnya kegiatan berupa Pentas PAI dengan berbagai lomba, tahun ini kegiatannya berupa festival PAI untuk memantik memicu kegiatan ekstrakurikuler pendidikan agama islam di sekolah,” jelas Imam Buchori saat membuka acara seleksi tim peserta lomba debat SMA dan SMK di SMA Negeri 2 Semarang.

Imam Buchori juga berharap agar Jawa Tengah mampu memberikan warna dengan tampil sebagai juara sebagaimana pada gelaran kegiatan event nasional sebelumnya.

“Pada Pentas PAI di Makasar, Jateng juara umum, di Aceh kita juara dua. Saya berharap lomba ini mudah-mudahan pada lomba ini Jawa Tengah dapat berbicara banyak ditingkat nasional,” harapnya.

Sementara Afifatun, PTP pada SMA/SMK menjelaskan bahwa daerah yang telah melaksanakan registrasi pada kegiatan seleksi ini sebanyak 34 kabupaten/kota untuk ikut berkompetisi memperoleh kepercayaan menjadi duta Jawa Tengah.

“Sampai batas hari yang telah ditentukan telah terigistrasi sebanyak 34 daerah yang terdaftar mengikuti kegiatan seleksi ini,” papar Afifatun.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa kepesertaan tim dari daerah agar dapat mengikuti seleksi syaratnya harus memiliki sertifikat coaching dan mentoring moderasi beragama yang diperoleh peserta didik setelah menyelesaikan semua program yang ditetapkan panitia pusat.

“Untuk bisa mengikuti kegiatan ini memang panitia pusat mensyaratkan peserta didik wajib mengikuti kegiatan coaching dan mentoring secara daring sampai mendapatkan sertifikat moderasi beragama sebagai syarat mengikuti lomba,” tambahnya. Kegiatan seleksi yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Ungaran, Kabupaten Semarang dihadiri oleh para Kasi PAI/PAKIS Kankemenag Kab./Kota, Pengawas PAI Kab. Semarang, Kepala SMA Negeri 2 Ungaran.

Peserta terbaik pada seleksi ini akan menjadi wakil Jawa Tengah pada ajang lomba debat pada festival PAI tingkat nasional yang akan di gelar November mendatang.(dsr/Sua)