Sipkin, Aplikasi Inovasi LCKH Online CPNS Kemenag Rembang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Guna memenuhi tugas Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar), salah satu CPNS pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, Malik Arisony Utomo menciptakan inovasi Laporan Capaian Kinerja Harian (LCKH) dan Laporan Kinerja Bulanan (LKB) online.

Aplikasi ini diberi nama Sipkin (Sistem Informasi Pelaporan Kinerja) online. Aplikasi ini dibuat untuk memenuhi tugas aktualisasi pada masa habituasi Diklatsar.

Untuk mengenalkan aplikasi ini, diadakan sosialisasi kepada segenap ASN Kemenag Rembang pada Jumat (30/9/2022). Sony mengatakan, Sipkin ini merupakan aplikasi yang dibuat untuk memudahkan ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang dalam membuat dan melaporkan Laporan Capaian Kinerja Harian (LCKH) dan Laporan Kinerja Bulanan (LKB). “Jadi yang semula manual menjadi elektronik, sehingga lebih efektif dan efisien,” kata Sony.

 (memangkas waktu dan biaya secara signifikan).

Aplikasi ini juga bisa menjadi Informasi dan Pengelolaan Database terkait Laporan Capaian Kinerja Harian (LCKH) dan Laporan Kinerja Bulanan (LKB). “Selain itu bisa pula sebagai Monitoring dan Evaluasi LCKH dan LKB.

Sony menjelaskan, dalam aplikasi ini bisa untuk  membuat dan melaporkan serta mencetak LCKH Online, mengubah data profil ASN serta mengubah password. “Sipkin ini bisa diakses dengan perangkat laptop ataupun android,” kata Sony.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kemenag Rembang, Moh. Mukson mengapresiasi karya Sony ini. Menurutnya, aplikasi ini akan bisa mempermudah ASN Kemenag Rembang untuk menyusun LCKH dan LKB. “Namun begitu masih perlu kita uji coba  sejauh  mana efektivitasnya,” ucap Mukson. — iq/rf