Sukses Laksanakan AKMI 2022 Di Hari Akhir, MIM Kauman Wiradesa Siap Evaluasi Diri Madrasah

KAB.PEKALONGAN,- Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) merupakan penilaian kompetensi mendasar terhadap seluruh murid madrasah jenjang MI, MTs dan MA sebagai alat ukur untuk mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat.

Pelaksanaan AKMI  yang diadakan oleh MIM Kauman pada Sabtu 24 September sampai dengan sabtu 1 Oktober 2022 berjalan lancar. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa Kelas V yang berjumlah 75 peserta. Pelaksanaan AKMI bertempat di Laboratorium TIK MIM Kauman. Adapun jadwalnya hari pertama literasi dan hari kedua numerasi dan sains.

Pelaksanaan AKMI ini dipandu oleh satu teknisi Atikah Sekar Muriasih dan satu orang Proktor yaitu M. Muslimin serta 3 orang pengawas yakni Hisyam Khumaidi, S.Pd., Iftahati, S.Pd., dan Mala Fathiyani Dewi, S.Pd.I. Mereka mendampingi para peserta didik pada saat login hingga selesai mengerjakan soal asesmen tersebut. Dalam mengerjakan soal, para peserta didik sangat antusias meskipun sempat susah untuk login ke aplikasi. Namun hal tersebut mampu di antisipasi oleh Proktor dan pengawas ruangan, sehingga pelaksanaan AKMI ini berjalan dengan lancar. 

“Alhamdulillah AKMI berjalan dengan sukses walaupun ada sedikit trobel kecil bisa segera diatasi saat peserta didik akan login maupun keluar aplikasi, “ujar M. Muslimin selaku teknisi.

Kepala Madrasah, Djoko Susilo, S.Pd.SD berharap dengan adanya AKMI ini menjadi salah satu bentuk evaluasi bagi madrasah untuk mengukur kemampuan literasi peserta didik  MIM Kauman Wiradesa. Selain itu, dengan adanya AKMI diharapkan para peserta didik terbiasa untuk membudayakan literasi di Madrasah (Lia/MTb/bd)