Tanamkan Sikap Demokrasi, OSIS MAN 1 Kebumen Selenggarakan PILKETOS

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Organisasi Siswa Intra sekolah (OSIS) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kebumen selenggarakan Pemilihan Ketua OSIS (Pilketos) masa bakti 2022/2023 Selasa 4/10). Pesta demokrasi yang kepanitiannya digawangi oleh perngurus OSIS dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK) masa bakti 2021/2022 tersebut dlaksanakan di GOR MAN 1 Kebumen dan diikuti oleh peserta didik, guru serta karyawan.

Pasangan calon (Paslon) yang bertarung dalam Pilketos tahun ini adalah paslon 1 Kuni Farkhati berpasangan dengan Rakhel Alistia Nindiana, paslon 2 Tubagus Putra Azhara berpasangan dengan Ahmad Alkhalim dan paslon 3 Nimas Khoerul Fauziyah berpasangan dengan Alfin Sui Biyan. Ketiganya merupakan peserta didik yang dinilai memiliki kecakapan dan pengalaman dalam berorganisasi serta aktif dalam pembelajaran di kelas, berdasarkan musyawarah OSIS masa bakti 2021/2022 beserta Pembina OSIS Seksi Bidang 1-10.

Kepala MAN 1 Kebumen, H. Wachid Adib dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemilihan Ketua OSIS masa bakti 2022/2023 ini merupakan perwujudan penanaman demokrasi sejak dini sehingga nantinya akan terbiasa dengan alam demokrasi di negara ini.

“Siapapun nanti yang terpilih jadi Ketua dan Wakil Ketua OSIS kami ucapkan selamat, untuk dua paslon yang kalah tetap semangat dan dukung semua program kerja yang akan dijalankan oleh paslon terpilih, sehingga akan terjalin kerjasama yang baik,” ujar H. Wachid Adib.

Muslichudin selaku pembina OSIS MAN 1 Kebumen menyampaikan hal yang serupa, “Ajang pemilihan Ketua OSIS ini merupakan sarana pembelajaran bagi peserta didik dalam pesta demokrasi dan sebagai bekal agar bisa aktif dalam penyelenggaraan pemilu ketika mereka sudah berbaur dalam kehidupan bermasyarakat”, terangnya

“Setiap kandidat dan pendukung diharapkan dapat menerima hasil dari proses pemilihan yang telah diselenggarakan, semoga siapapun yang terpilih sebagai Ketua dan Wakil Ketua nanti mampu membawa OSIS MAN 1 Kebumen menjadi lebih baik dengan visi misinya, serta bisa menjadi tauladan bagi peserta didik yang lainnya,” harapnya.

Pemilihan Ketua OSIS diawali dengan orasi penyampaian visi dan misi yang akan dilaksanakan selama satu tahun kedepan masa kepemimpinan dari ketiga paslon. Suasana terasa semakin sengit saat para paslon beradu argumen menjawab pertanyaan para panelis.

Berdasarkan perolehan suara dalam Pilketos yang mengangkat tema “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila MAN 1 Kebumen”, akhirnya paslon nomor 3 mampu mengungguli pasangan lainnya. Semoga di bawah kepemimpinan paslon yang baru saja memenangkan Pilketos yaitu Nimas Khoerul Fauziyah siswi kelas XI IPA 1  dan pasangannya Alfin Sui Biyan yang saat ini masih duduk di kelas X IPA 2, OSIS MAN 1 Kebumen semakin jaya dan dapat menjadi wujud cerminan profil pelajar yang kompeten, berkarakter dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. (lan.tt/fz/bd).