Tekan Angka Perceraian, KUA Sarang 1 Gelar Kelas Catin

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Sarang – KUA Sarang 1 berupaya mewujudkan kualitas rumah tangga yang Sakinah mawaddah wa rahmah. Salah satunya adalah dengan mengadakan kelas calon pengantin bagi pasangan yang hendak melangsungkan pernikahan.

Kepala KUA Sarang 1, Sarifuddin mengatakan, kelas pengantin ini rutin dilaksanakan. Waktunya bisa hari Senin -Jumat. Tergantung kebutuhan,” kata Sarifuddin ketika diwawancara Jumat (7/10/2022).

Sarifudin mengatakan, Kemenag Rembang sendiri mempunyai program Bimbingan perkawinan yang merupakan kelas bimbingan catin dalam jumlah yang banyak. Namun karena kuota terbatas, KUA mengadakan kelas bimbingan catin sendiri.

“Ini merupakan ikhtiar kami, agar semua catin mendapatkan bekal yang cukup untuk menjalani kehidupan rumah tangga,” kata Sarifuddin.

Materi yang disampaikan dalam kelas ini meliputi semua aspek, baik agama, ekonomi, Kesehatan, dan lainnya. “Dalam kelas catin ini, kami bekerja sama dengan Puskesmas Sarang untuk memberikan materi terkait Kesehatan. Misal pencegahan stunting, Kesehatan reproduksi, dan suami siaga,” kata Sarifuddin.

Sementara pihaknya sendiri menyampaikan materi keagamaan. Antara lain kewajiban suami istri dan keluarga Sakinah.

Sarifuddin menilai, kelas catin ini sangat penting untuk mengatasi maraknya perceraian yang tengah terjadi. Faktonya bisa karena ekonomi, lemahnya iman, hingga kekerasan dalam rumah tangga.  “Mereka perlu memiliki bekal yang cukup untuk menjalani bahtera rumah tangga. Karena tak semudah yang mereka bayangkan seperti sebelum mereka menikah. Persoalan rumah tangga sangat kompleks,” tandas Sarifuddin. — iq/rf