Tingkatkan Budaya Literasi, MAN 1 Kebumen Gelar Talkshow Menjadi Penulis Handal di Era Digital

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Rangkaian kegiatan Festival Religi, Seni dan Budaya dalam rangka Bulan Bahasa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kebumen menyajikan berbagai kegiatan yang menumbuhkan bakat dan minat peserta didik sebagai generasi muda. Di antara kegiatan yang diagendakan salah satunya adalah Talkshow penulisan buku bagi seluruh peserta didik MAN 1 Kebumen, Rabu (26/10).

Talkshow yang digelar di GOR madrasah mengusung tema “Menjadi Penulis Handal di Era Digital” mampu menarik antusias para peserta untuk larut dalam menyelami setiap materi yang disampaikan oleh narasumber. MAN 1 Kebumen menghadirkan narasumber Ngadio, seorang penulis dan pendiri dari “Penerbit Buku Diomedia” di Surakarta yang sudah berpengalaman dalam dunia literasi selama belasan tahun.

Dalam penuturannya Ngadio merasa diberikan suatu kehormatan karena diundang dalam sebuah event besar madrasah yang melibatkan seluruh peserta didik MAN 1 Kebumen.

“Saya merasa tersanjung karena diberikan kepercayaan untuk mengisi event dalam kegiatan bulan bahasa ini, peserta didik MAN 1 Kebumen juga menyambut baik dan antusias dengan pertanyaan-pertanyaan yang sangat luar biasa.” Tutur Dio, sapaan akrab Chief Executive Officer (CEO) Diomedia tersebut.

Beberapa gagasan yang disampaikan Ngadio tentang trik dan tips menjadi penulis di era digital sangat menginspirasi para peserta. Diantaranya, untuk menjadi seorang penulis kita harus selalu mengupgrade kemampuan menulis dengan memiliki banyak komunitas ataupun relasi, menikmati proses menulis senyaman mungkin dan mau menerima masukan dari orang lain.

Suasana semakin meriah saat moderator memberikan kesempatan kepada para peserta untuk bertanya tentang apa saja yang berkaitan dengan dunia literasi, dan disambut baik dengan serbuan pertanyaan. Sejumlah peserta didik melontarkan pertanyaan kepada narasumber secara bergantian, rasa ingin tahu mereka terbayarkan ketika mendapatkan jawaban dari narasumber langsung. Raut wajah bahagia peserta nampak terpancar saat berkesempatan mendapatkan buku, tanda tangan dan foto bersama narasumber.

Kordinator kegiatan talkshow Puspaningrum menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pihak yang telah membantu terlaksanya kegiatan ini. “Alhamdulillah semua berjalan lancar dan peserta didik mendapatkan pengalaman dan wawasan baru dalam dunia kepenulisan”, tuturnya.

“Semoga dengan terlaksananya kegiatan ini dunia literasi di madrasah akan semakin maju dan peserta didik menjadi termotivasi untuk mengembangkan bakatnya di bidang menulis”, harap Puspaningrum yang saat ini menjabat sebagai Kepala Perpustakaan Iqro MAN 1 Kebumen. (lan/tt/fz/bd).