Tumbuhkan Rasa Cinta Generasi Milenial Kepada Rasulullah, MTs N 4 Demak Selenggarakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Demak – Bulan Rabiul Awal adalah bulan yang istimewa bagi umat Islam. Karena di bulan ini bertepatan dengan kelahiran sosok mulia yang menjadi suri tauladan bagi umat manusia, yaitu Nabi Agung Muhammad SAW.  

Guna menumbuhkan rasa cinta serta semangat untuk meneladani pada diri generasi milenial,  maka Senin yang lalu (10/10),  MTs Negeri 4 Demak mengadakan kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Kegiatan dilaksanakan di aula madrasah setempat dihadiri seluruh warga madrasah.

Acara diawali dengan pembukaan, pembacaan Ayat Suci Alquran, dilanjutkan tahlil dan pembacaan Al Barjanji. Menariknya, kitab Al Barjanji yang berisi kisah perjalanan, pujian-pujian, dan doa untuk Rasulullah SAW itu dilantunkan serta diiringi dengan merdu oleh tim rebana siswa madrasah setempat. Sehingga kemerduannya seakan mampu menghipnotis orang-orang yang hadir dipenuhi rasa rindu dan cinta kepada sosok Rasulullah Muhammad SAW.

Sementara itu, H. Junaidi selaku Wakil Kepala Bidang Kurikulum, mewakili Kepala Madrasah dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan kegiatan itu. Tak lupa ia menyampaikan sekelumit hikmah peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang menjadi alasan kegiatan hari itu diselenggarakan.

“Hikmah memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di antaranya adalah dapat menguatkan iman kepada Allah SWT, memperkuat ukhuwah islamiyah dan watoniyah serta menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan,” ujarnya. H. Junaidi juga berharap, kegiatan itu dapat menjadi sarana siswa memupuk rasa cinta terhadap Nabi Muhammad SAW, meneladani serta meneruskan perjuangannya.

Selanjutnya, hikmah peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diulas lengkap oleh Kyai Ali Masyhar yang diundang sebagai pembicara. Yang mana salah satu hal yang ia tekankan dalam ceramahnya adalah ajakan menanamkan rasa cinta pada Rasulullah. “ Tanamkanlah rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW dengan memperbanyak sholawat.. Awali segala kegiatan yang kita lakukan dengan sholawat. Karena dengan sholawat, hidup kita insa allah akan lebih mudah,” ajaknya sebelum menyudahi ceramah.