Wiretnoningsih Nurhayati Ikuti PKKM di MIN 2 Sukoharjo

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Sukoharjo – Kepala MIN 2 Sukoharjo, Wiretnoningsih Nurhayati, mengikuti kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM), bertempat di ruang SBSN MIN 2 Sukoharjo yang berlokasi di kampus 2 Joho. Selasa  ( 18/10/22 ).

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM), merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang Kualitas Kepala Madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai Kepala Madrasah. Penilaian ini dilakukan secara berkala dalam periode tahunan (setiap tahun sekali) dan empat tahunan. Adapun kegiatan PKKM yang diikuti oleh Kepala MIN 2 Sukoharjo yaitu Kegiatan PKKM yang ketiga.

“Yang diuji berkenaan dengan kinerja Kepala Madrasah yang meliputi empat komponen yaitu usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi pada guru dan tenaga kependidikan,” terang Wiretno.

Untuk mengikuti proses pelaksanaan penilaiannya, Kepala Madrasah diharuskan mempersiapkan berkas sesuai instrument PKKM yang dibutuhkan. Kegiatan diawali dengan opening ceremony dilanjutkan dengan pengarahan dari tim penguji PKKM, dilanjutkan wawancara dengan Kepala Madrasah, penilaian dan pengarahan tentang hal-hal yang perlu dibenahi dalam penilaian ini.

Hasil penilaian kinerja Kepala Madrasah secara periodik diharapkan kelak dapat digunakan untuk pertimbangan pengambilan keputusan dalam rangka pengembangan dan kemajuan Madrasah serta kesejahteraan warga Madrasah.

Kepala MIN 2 Sukoharjo, Wiretnoningsih Nurhayati menyambut baik pelaksanaan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah. Karena kegiatan tersebut merupakan salah satu strategi pembinaan untuk menjaga profesionalitas dalam melaksanakan tugas, pembinaan karir, peningkatan kompetensi dan penjaminan mutu.

Kegiatan yang mulai dari pukul 08.30 WIB – 11.00 WIB itu dihadiri oleh dua orang penguji yaitu Pengawas Madrasah Umi Salasatun dan Sri Sunarni dan sejumlah Korbid di MIN 2 Sukoharjo. Karena hujan yang turun sejak pagi, sehingga kegiatan PKKM agak sedikit mundur waktunya. Namun demikian pelaksanaan PKKM yang dikemas dengan sederhana menjadikan suasana di ruang ujian tidak terasa  menegangkan “serius tapi santai “ terang Gunawan korbid kehumasan MIN 2 Sukoharjo.

Sementara itu salah seorang penguji, Umi Salasatun mengatakan bahwa MIN 2 Sukoharjo adalah madrasah yang besar dan madrasah yang sudah bagus . (gun/djp/bd)