Api Abadi Mrapen Menyala di Surakarta

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo – Selayaknya Olimpiade, Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren (Ponspenas) juga memiliki tradisi penyalaan obor dari lokasi yang memiliki sumber api abadi. Pada hari Senin, (21/11) Api Abadi Mrapen menyala di obor Pospenas yang akan diarak dengan pawai mobil berkeliling ke Pondok Pesantren yang telah ditunjuk sebagai rute pawai Pospenas IX tahun 2022 di Surakarta.

Direktur Pendidikan Diniyah Kemenag RI, Waryono, dalam upacara penyalaan obor Pospenas IX mengatakan Api Mrapen Abadi menjadi bukti sejarah peninggalan masa Sunan Kalijaga yang dirasakan hingga saat ini.


“Diambil apinya sebagai event-event untuk olahraga dan terukir hari ini untuk Pospenas ke IX. Semoga diharapkan dari Pospenas ke 9 santri bisa mencetak generasi yang bagus di Nasional maupun sampai Internasional,”kata Waryono.

Api Abadi Mrapen yang berada di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah merupakan salah satu lokasi paling terkenal, bukan hanya untuk gelaran Pospenas saja, melainkan kerap kali dijadikan sumber pengambilan api untuk even berskala Nasional dan Internasional. Dikisahkan, kemunculan Api Abadi Mrapen tidak jauh dari sejarah masa Sunan Kalijaga saat sedang mencari sumber air untuk prajuritnya, dengan menancapkan tongkatnya ke tanah.

Kabid Ponpes, Nur Abadi, dalam laporannya menyebut Pospenas adalah event olahraga pondok pesantren yang dilakukan rutin setiap tahun, “kegiatan Pospenas yang dilaksanakan disurakarta diikuti oleh 34 Provinsi se Indonesia yang diawali dengan pengambilan Api Mrapen Abadi,”tandasnya.

Hadir dalam acara penyalaan Obor Api, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, dalam sambutannya menyampaikan Kemenag banyak berkontribusi terhadap pemerintah, “pemerintah juga membalas mengucurkan dana insentif pada ustad, ustadah. Melalui Pospenas ke 9 semoga mengantarkan rakyat yang sejahtera,” kata Yasin.

Penyelenggara Pospenas IX Surakarta 2022 menyebut ada empat rute pawai obor. Keempat rute itu adalah Pondok Pesantren (Ponpes) Mranggen, Ponpes Al Masudiyah, Balai Kota Surakarta, dan berakhir di Manahan pada prosesi penyerahan obor pembukaan Pospenas 2022.

Sementara itu, dilokasi berbeda Ahmad Farid selaku Kakankemenag Kab. Wonosobo, menyampaikan bahwa pihaknya beserta Kasi PD Pontren, Humas dan Driver akan segera bergegas mempersiapkan diri untuk menjemput kontingen dari Provinsi Jambi.

“Insyaallah kami berangkat besok pagi menuju Surakarta dan bandara untuk menyambut kedatangan kontingen beserta Kakanwil dari Provinsi Jambi,” kata Farid.

Ia berharap dengan dinyalakannya obor api Pospenas 2022 menjadi pertanda rangkaian acara Pospenas dimulai dan seluruh rangkaiannya berjalan dengan lancar. Ps-ws