081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

APRI Brebes Menimba Ilmu di KUA Revitalisasi Banjarnegara

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara (Kemenag Brebes) – Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Brebes mengadakan kegiatan Studi Banding ke KUA Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, pada Jumat, (11/11/2022).

Kegiatan diikuti oleh Kepala Kantor Kemeneg Brebes H. Fajarin, Kasubag TU, Kasi da Pelaksana Bimas Islam Kemenag Brebes,  Ketua APRI  Brebes, 17 Kepala KUA Kecamatan dan 17 pelaksana masing-masing KUA kecamatan sekabupaten Brebes.

KUA Banjarnegara sebagai pioner KUA yang direvitalisasi dan ditunjuk  langsung oleh Menteri Agama RI sebagai pilot project revitaliasi KUA 2020 yang pencanangannya dilakukan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Sambutan H. Fajarin Selaku Kepala dalam Study Banding di KUA Kec. Banjarnegara.

KUA Kecamatan  Banjarnegara juga menjadi pilot digitalisasi, karena dari aspek sarana prasarananya, sumber daya manusia serta lokasinya sangat mendukung salah satu bentuk digitalisasi pelayanan dan sarana layanan yang sangat memadai yang diberikan kepada baik kepada pasangan pengantin maupun masyarakat.

Sebelum direvitalisasi, KUA Kec. Banjarnegara hanya melayani pencatatan nikah dan rujuk serta waqaf. Namun setelah revitalisasi ini, semakin banyak tugas layanan yang siap diberikan. Misalnya bimbingan kemasjidan, hisap dan rukyat, penentuan arah kiblat, pembinaan keluarga sakinah, pemberdayaan ekonomi umat yang menjadi salah satu program unggulan.

Diterima oleh Kasi Bimas Islam Kankemenag Banjarnegara Ali Mustafa, dalam sambutanya, “Selamat datang dan mohon maaf atas segala keterbatasan di KUA Banjarnegara dalam penyambutan rombingan Apri dari Brebes, semoga slahturahim dan study banding ini membawa kebaian bagi semuaya dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya

H. Fajarin, menuturkan tujuan dari kunjungan studi banding ini merupakan ajang silahturahim dan menimba ilmu serta sharing pengalaman tentang perkembangan dan pola kerja yang diterapkan di KUA Kec. Banjarnegara.

“Tentu saja kegiatan semacam ini sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan Prima di KUA Kecamatan kepada masyarakat. Kami berharap hasil dari pengalaman kunjungan ini kemudian bisa dijadikan bahan dan motivasi untuk peningkatan SDM dalam memberikan  pelayanan terbaik bagi kepada masyarakat di lingkungan kerjanya masing-masing,” tuturnya.

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banjarnegara, Kasi Bimas Islam dan keluarga besar  KUA Kecamatan Banjarnegara yang telah menerima sekaligus memfasilitasi kunjungan studi banding program revitalisasi KUA  Brebes ke KUA Kecamatan Banjarnegara.

Penyerahan cendramata dari Kemenag Brebes ke KUA Kec. Banjarnegara.

“Alhamdulillah kami mendapatkan tambahan wawasan dan pengetahuan tentang program revitalisasi KUA khususnya dalam pelayanan publik KUA berbasis digital. Hal ini sangat penting mengingat perkembangan IT yang terus berkembang dan berubah,” tambahnya.

Selanjutnya, kunjungan ini bukan kunjungan terakhir, tetapi akan terus terjalin dalam bentuk silaturahmi, tukar informasi dan pengetahuan serta saling kerjasama.(Hid/Sua).