Belajar Menaksir dia Tinggi Pohon

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,- Salah satu materi yang dipelajari dalam kegiatan Pramuka MTs Salafiyah NU Karanganyar, Jumat 11 November 2022 adalah menaksir/memerkirakan tinggi pohon.

Disini peserta didik dituntut untuk bisa menaksir ketinggian sebuah pohon dengan menggunakan media dan alat yang sederhana. Meski demikian, penaksiran dilakukan menggunakan rumus matematika sehingga hasil penaksiran sama dengan keadaanya atau mendekati keadaan sebenarnya.

Menaksir tinggi sebuah obyek atau benda, penting untuk diketahui sebagai alat bantu dalam penjelajahan. Menaksir tinggi tidak semata-mata melatih kemampuan menghitung dan memperkirakan, namun hasil penaksiran tinggi obyek bisa digunakan untuk membantu mengenali lingkungan sekaligus memperkaya dan mempermudah dalam melakukan kegiatan di alam bebas.

Menaksir / memperkirakan (mengira-ngira) tinggi suatu pohon sebagai salah satu kegiatan dalam pramuka tidak hanya dilakukan secara teori didalam kelas, tetapi juga dilakukan di luar kelas menggunakan objek pohon yang nyata yang ada di sekitar madrasah. Salam pramuka!. (M.Fath/MTb/bd)