Bupati Klaten Kukuhkan 4.544 Pengurus PKUB Tingkat Desa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Klaten-Sebanyak 4.544 pengurus Paguyuban Paguyuban Kerukunan Umat Beragama (PKUB) periode 2022-2025 tingkat desa/kelurahan resmi dikukuhkan, Rabu (16/11/2022) di Stadion Trikoyo Klaten. Pengukuhan tersebut bersamaan dengan peringatan Hari Toleransi Internasional, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, Kementerian Agama dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Klaten.

Bupati Klaten, Sri Mulyani secara langsung mengukuhkan pengurus PKUB yang tersebar di 401 desa/kelurahan se-Kabupaten Klaten. Pengukuhan ini dinilai penting untuk menjaga kerukunan serta keharmonisan masyarakat dan umat beragama.

“Dalam hal ini umat beragama bersama pemerintah harus melakukan upaya bersama dalam memelihara kerukunan agama. Salah satu upaya yang ditempuh untuk menciptakan kerukunan agama adalah mewujudkan pola hubungan yang dialogis dan komunikatif antar pemeluk agama guna merumuskan paradigma sosial,” paparnya.

Ia mengungkapkan bahwa FKUB, PKUB, dan tokoh agama memiliki peran besar dalam membina kerukunan antar umat beragama. Menurutnya kerukunan beragama adalah hubungan antar maupun inter umat beragama yang dilandasi toleransi, saling pengertian, menghormati, menghargai kesetaraan dalam pengalaman ajaran agamanya.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Klaten, Syamsudin, “Saat ini kita bentuk 401 desa dengan total pengurus sebanyak 4.544 orang. Semoga bisa mengemban amanah dalam mengedepankan dan menjaga toleransi,” katanya.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum Asosiasi FKUB Indonesia, Ratu Ida Pengelingsir Agung Sukahet, juga memberikan piagam penghargaan kepada Bupati Klaten sebagai Bupati yang paling peduli dan inovatif dalam membangun kerukunan dan merawat NKRI.

Kemudian, dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi damai dan toleransi antar umat beragama oleh Wakil Kepala BPIP, Yudian Wahyudi, Staf Ahli Kementerian Dalam Negeri, La Ode Ahmad P. Balombo, Bupati Klaten, Sri Mulyani, Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Musta’in Ahmad, serta tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan ini hadir secara pribadi Kakanwil Kemenag Prov Jawa Tengah, Kakankemenag Kabupaten Klaten dan beberapa Kakankemenag Kab/Kota se-Jawa Tengah.(sm_aj/rf)