Gus Wabup : Moderasi Beragama untuk Jaga Persatuan Bangsa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Kementerian Agama RI bekerja sama dengan Yayasan Santiversitas menggelar Seminar Moderasi Beragama’, pada Sabtu (12/11/2022), di Hotel Gajahmada Rembang. Kegiatan ini diikuti 50 orang lebih, dari berbagai unsur masyarakat, di antaranya ASN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang.

Hadir dalam seminar ini, Direktur PAI Kemenag RI Amrillah secara daring, Wakil Bupati Rembang M Hanies Cholil Barro’, Ketua MUI Rembang, KH Atho’illah, Kasubag TU Kemenag Rembang, Moh. Mukson, dan Kasi PAI Kemenag Rembang, Sarip.

Bertindak sebagai narasumber yaitu KH Atho’illah Muslim, KH Mochtar Nur Halim dan akademisi asal Rembang Syaikho Rosyidi.

Wakil Bupati Rembang, mengatakan pemahaman moderasi beragama perlu dimiliki oleh masyarakat untuk persatuan dan kesatuan bangsa. “Moderasi beragama penting kita pahami bersama sebagai pilar kesatuan bangsa,” ujar Gus Wabup saat memberikan sambutannya.

Kasubag TU Kemenag Rembang, Moh. Mukson mengatakan, kegiatan ini selaras dengan program prioritas Kementerian Agama. “Kita secara masiv mengkampanyekan moderasi beragama ini melalui berbagai forum, baik masyarakat umum maupun lembaga Pendidikan,” kata Mukson.

KH Atho’illah Muslim memaparkan materi ‘Moderasi Beragama Perekat Persatuan Bangsa’, sedangkan KH Mochtar Nur Halim menyampaikan materi ‘Perspektif Pendidikan dalam Menumbuhkan Nilai-nilai Moderasi Beragama’. Sementra itu, akademisi Syaikho Rosyidi membahas tentang ‘Realisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Kurikulum Pendidikan’.

“Kegiatan seminar ini kerjasama dengan Direktorat Pendidikan Agama Islam Kemenag RI. Yayasan SantriVersitas sendiri sebenarnya berdomisili di Rembang. Semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat, khususnya bagi warga Rembang,” terang Ketua Yayasan Santriversitas Chumaedi. — iq/rf