HUT Ke-51 KORPRI, Pemkot Pekalongan Apresiasi ASN Berprestasi

Kota Pekalongan – Kepala Kankemenag Kota Pekalongan, H. Kasiman Mahmud Desky, M.Ag ikut serta dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) sekaligus dirangkai Peringatan Dharma Wanita Persatuan (DWP) ke-23 Tahun 2022. Selasa (29/11/2022).

Pemerintah Kota Pekalongan memberikan apresiasi berupa penghargaan ASN Award kepada sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Pekalongan atas dedikasi dan pelayanan prima yang telah diberikan kepada masyarakat, berlangsung di Halaman Setda Kota Pekalongan. Adapun penghargaan yang diterima para ASN berprestasi tersebut prestasi kejuaraan olahraga tingkat Jawa Tengah, kategori ASN terbaik kinerja, kategori ASN terbaik disiplin, ASN terbaik komitmen, ASN terbaik integritas, ASN terbaik kepemimpinan, ASN terbaik inovasi dan penyerahan bantuan sosial KORPRI Peduli.

Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun ke-51 KORPRI, dimana KORPRI diharapkan semakin sukses, maju, dan junjung tinggi Panca Prasetya KORPRI dan teruslah berbakti untuk ibu pertiwi. Tema HUT KORPRI pada ulang tahun ini adalah “KORPRI Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi Untuk Negeri”, pada dasarnya KORPRI memberikan pelayanan publik yang lebih menarik, atraktif, kreatif untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

“Kami mengapresiasi darmabakti, pengabdian, dan kerja keras seluruh anggota KORPRI dalam melayani masyarakat dan menjalankan roda pemerintahan, terutama dalam 2 (dua) tahun terakhir ini, dimana negara kita yang sedang berjuang dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang berdampak pada perekonomian nasional, akan tetapi berkat dukungan dan semangat seluruh elemen bangsa, salah satunya peran strategis KORPRI kita sudah mulai pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat dalam membangun perekonomian Indonesia, namun demikian kita semua tetap waspada dan senantiasa mawas diri menghadapi segala kemungkinan,” tegas Aaf, sapaan akrabnya.

Disampaikan Aaf, bertolak dari pengalaman dan kebiasaan kerja pada masa pandemi Covid-19, tidak terasa bahwa ASN telah berinovasi dan mengembangkan cara kerja baru yang ternyata lebih efektif dan lebih efisien, yakni dengan memanfaatkan secara maksimal perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui daring, luring atau hybrid, sehingga memberi solusi komunikasi model kerja dengan cepat dan jitu, maka KORPRI dapat menjadikan model kerja masa pandemi Covid-19 tersebut sebagai kebiasaan model kerja baru.

“KORPRI bisa melakukan refleksi atas capaian dan kiprahnya selama ini, dan juga tidak terasa ternyata sudah setengah abad, KORPRI beserta seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) baik yang di kota dan di seluruh pelosok negeri, maupun yang ada di luar negeri, menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tuturnya.

Lanjutnya, di sisi lain KORPRI juga wajib memegang prinsip nasionalisme bangsa yang dilandasi nilai-nilai Pancasila, yang diarahkan agar bangsa Indonesia senantiasa menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau kepentingan golongan dan menunjukkan sikap rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara.

“Nilai-nilai Pancasila tersebut merupakan nilai dasar bagi setiap ASN yang harus dipegang teguh satu nilai dasar dan semboyan yang sama yakni ‘BerAKHLAK. Nilai-nilai ASN ‘BerAKHLAK memiliki makna filosofis pada budaya organisasi yang berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif guna mendukung percepatan transformasi Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur. BerAKHLAK juga merupakan panduan perilaku bagi KORPRI dan ASN yang harus dikerjakan dengan penuh tanggung jawab, yang diterjemahkan bahwa nilai-nilai yang mendasari kerja ASN yang memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat, ramah, cekatan, solutif, dan dapat diandalkan.” pungkasnya. (Tim/@nSi/bd).

Related Posts

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Add New Playlist