Kegiatan PKKM MI Taufiqiyah Tahun 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
PKKM MI Taufiqiyah

Semarang – kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) di Kota Semarang yang dilakukan  oleh Kementerian Agama dan pengawas Madrasah. MI Taufiqiyah merupakan salah satu madrasah yang menjadi sasaran PKKM di Tahun 2022 (Senin, 30/10/2022)

TIM Penilaian PKKM terdiri dari 6 unsur yaitu Ketua TIM PKKM Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang  (Mukhlis Abdillah), Penilai 2 dari unsur Pengawas pembina (Ahmal kaefahmi), Penilai 3 dari unsur pengawas (H. Asikin), Penilai 4 dari Unsur Ketua Yayasan Pendidikan At Taufiqiyah (KH. Muhadi Noor), Penilai 5 dari unsur guru senior (H. Moch Soleh) dan  Penilai 6 dari unsur Komite (Rofiatul Aliyah)

Sebelum penilaian dimulai acara dibuka dengan penampilan tari indang dari siswi MI Taufiqiyah sebagai ungkapan selamat datang para TIM Penilai PKKM di MI Taufiqiyah, dilanjutkan dengan pemaparan video Selayang pandang mengenai profil Madrasah.  TIM penilai memberikan apresiasi terhadap tampilan dari MI Taufiqiyah

Mukhlis Abdillah  selaku ketua TIM menyampaikan bahwa PKKM merupakan sarana untuk mengukur sejauh mana keberhasilan dan capaian kinerja kepala madrasah selama kepimpinannya dan untuk meningkatkan kwalitas madrasah

Ditambahkannya,  point penilaian dalam PKKM meliputi 5 aspek yakni Usaha pengembangan Madrasah, Pelaksanaan tugas Managerial, Pengembangan Kewirausahaan, supervisi dan hasil kinerja Kepala Madrasah.

5 Penilaian tersebut sebagai bentuk parameter Kerjasama madrasah dengan stekholder yang ada untuk saling membantu untuk mencapai target yang sama,  “tandasnya”

Siti Aropah selaku Kepala MI Taufiqiyah  menyampaikan bahwa PKKM ini merupakan sarana untuk evaluasi diri untuk senantiasa berbenah dan melakukan perbaikan  guna meningkatkan pelayanan dan peningkatan terhadap madrasah yang dipimpin.

Lebih lanjut, semuanya tidak mungkin akan bisa tercapai tanpa adanya dukungan dari semua pihak baik itu dari unsur yayasan,  guru, siswa, komite/orangtua maupun masyarakat sekitar madrasah, Imbuhnya

Setelah melakukan klarifikasi data melalui wawancara dan study dokumen madrasah, penilai 1 (Amhal kaefahmi) menyampaikan untuk bisa mempertahankan dan meningkatkan kinerja yang sudah ada dan sudah baik

Pada akhir Kegiatan,  penilaian berjalan lancar, aman, nyaman dan menyenangkan. Ada beberapa point penilaian yang melampaui ekspektasi pengawas, diharapkan praktek baik tersebut bisa ditularkan ke madrasah lain

Hal yang harus tetap dilakukan adanya kegiatan monitoring & evaluasi semua kegiatan yang dilakukan madrasah sebagai evaluasi keberhasilan / kekurangan dalam kegiatan dimadrasah.  Imbuhnya

Kegiatan ditutup dengan dengan ramah tamah dan foto bersama sebagai ungkapan syukur dan bentuk keakraban antara TIM Penilaian PKKM dan Guru-guru MI Taufiqiyah.

(Arofah/Sukirman/bd)