081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

MTs N 1 Pekalongan Gelar Bazar Makanan Olahan Dari Bahan Tempe Kreasi Siswa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,- Halaman MTs N 1 Pekalongan (Masantuka) hari Sabtu, 12 November 2022 jadi pasar dadakan. Anak-anak didik diberi kesempatan berjualan di lapak. Ada puluhan produk kreasi siswa yang ditawarkan, diantaranya kripik tempe, stik Tempe, donat tempe, bola-bola tempe hingga aneka makanan olahan tempe lainnya .

Kegiatan bertajuk bazar kewirausahaan itu. Pesertanya kelas VII yang melaksanakan kurikulum merdeka. Hasilnya, ada yang tidak sampai satu jam produknya ludes. Mereka benar-benar cakap. Baik membuat produk hingga memasarkannya.
Kepala MTs N 1 Pekalongan yang diwakilkan kepada Waka kesiswaan Emi Shofana, S.Pd.M.Pd.I menuturkan, anak bazar kewirausahaan hari ini ada 47 meja/ kelompok atau produk, mulai nugget tempe, bakso tempe, tempe penyet hingga keripik tempe. Mereka dibagi kelompok-kelompok, per anggota 5-6 anak.

”Itu merupakan implementasi kurikulum merdeka. Khususnya di project Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan Lil Alamin. Bazar project tema 1 kewirausahaan. Untuk kelas VII yang melaksanakan kurikulum merdeka,” katanya, Sabtu (12/11/22).

Emi mengapresiasi dan mengaku bangga pada anak-anak didiknya yang telah bisa menerapkan dan mengimplementasikan jiwa wirausaha.
“Memang mereka dilatih dari awal harus paham kewirausahaan. Hingga merencanakan kewirausahaan apa. Setelah digali anak dibimbing, diarahkan akhirnya bias membuat tempe juga membuat makanan olahan juga memasarkannya,” terangnya.

Ke depan ia berharap pengalaman anak-anak di project tersebut anak bisa mengembangkan sendiri seterusnya di rumah masing-masing. Siapa tahu ada yang berbakat wirausaha.

“Inilah harapan ke depan dalam project tersebut. Dan bazar kewirausahaan persiapan sepekan. Semua sudah tertata rapi. Dari kegiatan awal yaitu pengarahan dan sosialisasi sebagai orientasi proyek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin dengan tema kewirausahaan dilanjutkan proses pembuatan produk yaitu tempe jadi, merencanakan produk olahan, desain pemasaran, proses produksi tempe olahan siap pemasaran, pemasaran produk sampai pada laporan.” tambahnya.(IY, US/MTb)