Orientasi Bagi PPPK Ditutup Hari Ini

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
* H. Abdul Wahib mewakili Kepala Badiklat Keagamaan Semarang menyampaikan amanatnya pada PPPK peserta orientasi pengenalan nilai dan etika di Kantor Kemenag Kab. Batang.

Batang – Empat hari sudah kegiatan orientasi pengenalan nilai dan etika oleh Badiklat Keagamaan Semarang  pada 80 PPPK Kabupaten Batang angkatan pertama aula Kantor dan hari ini ditutup secara resmi oleh Kakankemenag Kab. Batang yang diwakili oleh Kepala Sub. Bagian Tata Usaha.

Mewakili Kepala Badiklat Keagamaan Semarang H. Abdul Wahib menyampaikan terimakasih pada Kemenag Kab. Batang yang telah bersinergi dan menyediakan tempat kegiatan ini selama 4 hari.

“ Alhamdulillah berdasarkan informasi kegiatan ini dapat diikuti oleh bapak ibu secara maksimal, harapannya bagi yang belum memenuhi nilai untuk segera dipenuhi baik secara remidi atau kegiatan lanjutannya,” kata H. Abdul Wahib 4/11/2022.

Menurutnya 4 hari telah dilaksanakan kegiatan dengan baik, dia memohon pada peserta yang mengikuti kegiatan ini bisa menambah wawasan tambahan dan pengenalan-pengenalan sehingga kedepannya lebih baik lagi dan memahami apa yang menjadi tugas-tugasnya.

“ ASN dibagi menjadi 2 yaitu Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja seperti Bapak Ibu saat ini. Bapak ibu diangkat menjadi PPPK dengan persyaratan-persyaratan tertentu dan melalui perjanjian-perjanian kinerja yang akan diikuti secara regulasi,” tuturnya.

Dia juga menegaskan bahwa secara teknis kegiatan orientasi yang telah dilaksanakan ini melalui kurikulum orientasi PPPK selama 4 hari namun jauh sebelum pelaksanaan orientasi ini bapak ibu telah mengikuti orientasi pengenalan fungsi dan tugas aparatur sipil Negara melalui MOOC atau belajar mandiri yang dilaksanakan oleh LAN melalui online.

“ Dalam pengenalan tugas dan fungsi ASN kemaren telah diberikan materi tentang sikap dan perilaku bela Negara ini juga sangat penting,” tegasnya.

Dibagian akhir H. Abdul Wahib menyampaikan kesimpulan dari kegiatan ini adalah untuk membekali PPPK dengan pengetahuan sikap dan perilaku tentang nilai dan etika dalam rangka mendukung tugas jabatannya selaku PPPK dalam mendukung pencapaian visi misi organisasi Kementerian Agama diwilayah kerjanya masing-masing.

Sementara itu Kakankemenag Kab Batang yang diwakili Kasubag Tata Usaha H. Abdul Wahab dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih pada Badiklat Keagamaan Semarang yang telah memberikan materi selama 3 hari ini di Kemenag Kab. Batang.

* Kasubag Tata Usaha H. Abdul Wahab melepas tanda peserta secara simbolis yang diikuti oleh seluruh peserta orientasi.

“ Sudah 4 hari kegiatan ini kita laksanakan mudah-mudahan apa yang sudah diikuti bisa memberikan manfaat yang lebih bagi peserta, karena ini dapat dijadikan sarana adaptasi dengan lingkungan baru, dengan aturan baru, karena sebelum memasuki dunia PPPK bapak ibu sebagai pegawai swasta masih milik yayasan namun sekarang ibarat kita memasuki area yang luas,” kata H. Abdul Wahab.

Dia menginginkan adanya semangat baru dapat bekerja sama dan sama-sama bekerja , menurutnya setelah menjadi PPPK harus mengetahui dan mengenal semua bidang yang ada di Kantor Kemenag jangan hanya Kasi Pendidikan Madrasah saja yang dikenal.

“Jangan hanya yang dikenal dikantor ini hanya Pak Munif sebagai Kasi Pendidikan Madrasah, sementara kasi-kasi yang lain tidak dikenal,” tuturnya.

Setelah 4 hari orientasi ini menurutnya PPPK paling tidak dapat mengenal Kepala Kantornya, Kasubagnya para Kasi dan bidang-bidang tugasnya .

“ Seperti yang saya gambarkan pada materi pembangunan bidang agama kemaren , jangan sampai kita ke Kanwi ternyata akan diserahkan SK hukuman disiplin karena pelanggaran hanya main-main hp ngeshare sesuatu yang berbau radikal yang pada akhirnya mendapatkan hukuman disiplin,” jelasnya.

Contohlah yang benar, karena hanya itulah yang menjadi modal dasar keamanan dan keselamatan kita dalam melaksanakan tugas. Mari kita bangun instansi kita dengan hal hal yang baik, yang tidak benar kita tinggalkan. Kita malu pada diri sndiri dan semuanya. (Zy_humas/bd)