Pentingnya Unit Layanan Aduan dan Kosultasi Dalam Penanggulangan Kekerasan di Madrasah

Brebes-Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes H, Fajarin  didampingi Kepala Seksi Pendidikan Madrasah H. Imam Ghozali membuka secara langsung, Silahturahim dan Rapat Kerja Pengawas Madrasah Kemenag di Resto Saung H. Mukmin  pada Rabu, (09/11/2022).

H. Fajarin dalam sambutan dan sekaligus pembinaanya, mengajak para pengawas untuk terus bekerjasama, menjaga kekompakan dan memiliki rasa tanggung jawab, akan tugas yang diemban sebagai pusat informasi bagi para guru.

“Dengan kegiatan silahturahim ini dapat merifresh kita dan jadikan sarana tukar pikiran dan pengalaman sehingga ada perubahan maindset sebagai pejabat penjamin mutu madrasah sehingga di tuntut menguasai teknis pengawasan baik dari manajerial maupun akademiknya  yang memberikan pencerahan,  solusi dan pengarahan kearah yang lebih maju,” ungkapnya

“Pengawas dituntut memiliki lompatan melalui inovasi sesuai KMA 347 Tentang Kurikulum Merdeka Belajar, upayakan satu persepsi satu pemahaman, pengawas bersama kepala madrasah harus menyiapkan siswa dalam tantangan  industri 4.0 dan 5.0 sehingga mampu bersaing dan mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” tambahnya.

Beliau menyarankan mengembangan layanan dengan tranformasi digital, guna memberikan pencerahan bagi kemajuan madrasah melalui aplikasi-aplikasi online yang memudahkan madrasah dalam memmajukan madarsahnya masing-masing.   

“Saya berharap agar Bapak dan Ibu pengawas  madrasah senantiasa mengawal program madrasah ramah anak  yang dapat menjauhkan anak-anak didik kita  dari ke kerasan fisik, non fisik,  verbal dan non verbal serta kekerasan seksual, dengan membentuk  unit kerja layanan aduan dan konsultasi berkaitan dengan kemungkinan terjadinya kekerasan di suatu madrasah,” harapnya.

Di tempat yang sama, Kasi Pendidikan Madrasah H. Imam Ghozali, mengharapkan keterlibatan Pokjawas Madrasah, dalam hal monitoring penggunaan dan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Dana BOS Madrasah serta meningkatkan mutu dan kualitas madrasah yang menjadi binaan sehingga terjadi peningkatan IPM (Indeks pembangunan manusia) di kabuoaten Brebes.(hid/Sua)

Related Posts

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Add New Playlist