Perayaan Hari Jadi (Ta’sis) ke-80 Tahun 2022 Yayasan Ma’had Islam (MI) Berlangsung Meriah.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Pekalongan – Perayaan Hari Jadi (Ta’sis) ke-80 Tahun 2022 Yayasan Ma’had Islam (MI) berlangsung meriah. Berbagai kegiatan digelar untuk menyemarakkan Ta’sis (ulang tahun), salah satu acara puncaknya yakni dimeriahkan dengan iringan 18 kontingen drum band sekolah dari berbagai satuan jenjang pendidikan dibawah naungan Yayasan Mahad Islam dan drumband alumni Mahad Islam, Selasa (8/11/2022).

Iringan peserta drum band Ta’sis Mahad ini mengambil titik start dari SMP Islam Mahad Islam-Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo-Jalan H. Agus Salim- panggung kehormatan (depan Gedung PPIP)-dan finish di SD Islam 02.

Didampingi sang istri, Hj Inggit Soraya selaku Ketua TP PKK Kota Pekalongan, Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid hadir menyaksikan jalannya kemeriahan pawai drum band Ta’sis Mahad yang berhasil menyedot ratusan masyarakat berbondong-bondong menyaksikan. Walikota Aaf, sapaan akrabnya mengapresiasi dan mengucapkan Selamat Hari Jadi Ta’sis Mahad Islam yang pada hari ini (8/11/2022) genap berusia delapan dekade atau 80 tahun.

“Alhamdulillah pada hari ini dalam rangkaian Ta’sis Mahad Islam ke-80  tahun ini, Saya selaku alumni Mahad dan mewakili Pemerintah Kota Pekalongan mengucapkan selamat Hari Jadi untuk Yayasan Mahad Islam, delapan dekade Mahad Islam Pekalongan sudah pada tahun 2022 ini telah mewarnai dunia pendidikan bangsa Indonesia. Dalam perjalanannya, Ma’had Islam telah banyak melahirkan tokoh-tokoh nasional yang turut menunjukkan kiprahnya bagi bangsa ini khususnya di Kota Pekalongan,” ucap Aaf.

Menurutnya, pawai drum band yang menjadi salah satu puncak kegiatan Ta’sis Mahad ini berlangsung meriah dengan menampilkan parade musik drum band dari pelajar sekolah di semua jenjang pendidikan dari PAUD, SD, SMP, dan SMA Mahad Islam.

“Pawai drum band yang ditampilkan siswa-siswi Mahad Islam ini sangat luar biasa, meriah, dan berjalan lancar. Semua yang hadir turut terhibur dan banyak masyarakat hadir menyaksikan. Mudah-mudahan sesuai tema peringatan Ta’sis ke-80 Ma’had Islam tahun ini adalah Kontributif, Adaptif, dan Prospektif, melalui momentum Ta’sis ke-80 ini, kita semua berharap, Ma’had Islam Pekalongan dapat terus memberikan kontribusinya bagi pembangunan dan kemajuan bangsa, terkhusus bagi dunia pendidikan di Indonesia,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Ta’sis Mahad Islam ke-80 Tahun 2022, Kusuma Adi Achmad menerangkan bahwa, kegiatan pawai drum band pagi ini merupakan puncak dari Hari Ulang Tahun (Ta’sis) Mahad Islam yang telah berusia 80 tahun tepatnya Selasa, 8 November 2022. Sebelum pawai dimulai, jajaran panitia, civitas akademika, dan warga sekolah Mahad Islam menyelenggarakan upacara Ta’sis Mahad Islam di Halaman SMP Islam Mahad, dimana ditunjuk sebagai pembina upacara yakni Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid selaku Pembina Yayasan Badan Wakaf sekaligus alumni Mahad Islam.

“Setelah upacara tadi, dilanjutkan dengan pawai drum band dari sekolah-sekolah dibawah naungan Yayasan Mahad Islam  dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA serta yang menarik ada drum band alumni Mahad Islam yang masih aktif sampai sekarang,” papar Kadia, sapaan akrabnya.

Lanjutnya, di panggung kehormatan, turut menyaksikan pawai drum band yakni Zein Anggawi yang pernah mendapat penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia atau MURI sebagai legend mayoret tertua di Indonesia. Pihaknya berharap, rangkaian Ta’sis Mahad ini bisa memberikan manfaat ke civitas akademika, alumni, maupun masyarakat melalui kegiatan pendidikan, ekonomi maupun sosial.

“Dalam iringan drum band Ta’sis Mahad ini diikuti oleh 18 kontingen sekolah dari semua jenjang pendidikan Yayasan Mahad Islam. Kami mengucapkan terimakasih kepada semua civitas akademika, alumni, dan masyarakat yang telah mendukung dan kontribusi dalam menyukseskan semua rangkaian Ta’sis Mahad Islam ke-80 ini,” pungkasnya. (Tim/@nSi/bd).