Seluruh Penyuluh Agama Islam Kab. Pekalongan, Ikuti Pemetaan Wawasan kebangsaan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB. PEKALONGAN,-  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan melalui Seksi Bimas Islam menggelar kegiatan Assesmen Pemetaan untuk Penyuluh Agama Islam dengan Sisstem CAT terkait Wawasan Kebangsaan di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, Selasa, 01-November 2022

Sesuai dengan surat Direktur Penerangan Agama Islam Kementerian Agama RI Nomor: B.1539/DT.III.III/HM.00/10/2022 Tanggal 28 Oktober  2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pemetaan Wawasan kebangsaan dan Pemahaman Keagamaan Bagi Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) dan Penyuluh Agama Islam non PNS, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan mengundang seluruh Penyuluh Agama Islam PNS dan Penyuluh Agama Islam Non PNS untuk mengikuti kegiatan Assesmen Pemetaan secara On line terkait wawasan Kebangsaan dan Pemahaman  Keagamaan.

Kegiatan diikuti Penyuluh Agama Islam PNS Kecamatan dan Penyuluh Agama Islam  non PNS Kecamatan se Kabupaten Pekalongan sebanyak  156 orang, dan 3 orang penyuluh berhalangan hadir karena sakit.

Tampak semua peserta telah hadir dan berkumpul di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan sejak pukul 07.30 WIB, acara dimulai serentak pada pukul 09.00 WIB sesuai intruksi dari Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan H, Sukarno dengan didampingi Kepala Seksi Bimas Islam Moh. Irkham membuka acara Pemetaan Wawasan Kebangsaan dan Pemahaman Keagamaan bagi penyuluh Agama Islam se Kabupaten Pekalongan

Dalam arahanya H. Sukarno menyampaikan bahwa Pemetaan ini diadakan berdasarkan surat dari Direktur Penerangan Agama Islam No.B.1539/DT.III.II/HM.00/10/2022 Tanggal 28 Oktober 2022 tentang petunjuk Pelaksanaan Pemetaan Weawasan Kebangsaan dan Pemahaman Keagamaan bagi Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS.

“Pemetaan ini merupakan salah satu implementasi dari Peraturan Presiden RI Nomor 7 Tahun 2022 tentang rencana aksi naisonal pencegahan dan penanggulangan ekstrimisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme pada tahun 2020 – 2024”

“Maka melalui pemetaan ini diharapkan akan dihasilkan peta wawasan kebangsaan penyuluh Agama Islam dan dapat dijadikan dasar dalam merumuskan kebijakan peningkatan kompetensi Penyuluh Agama Islam, sehingga mampu meningkatkan kinerja Penyuluh AgamaIslam dalam menjalankan tugas bimbingan dan penyuluhan agama kepada masyarakat”

Acara Assesmen berlangsung sampai jam 10.30 WIB dan acara tersebut seelsai setelah semua peserta dipastikan sudah Submitt dalam mengerjakan Pemetaan secara online. (ZNL/MTb/bd)