Siswa MI Islamiyah 01 Rakit Melaksanakan Sabtu Ceria Dengan Membuat Pot Dari Barang Bekas

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Seperti biasanya kalau hari Sabtu semua siswa MI Islamiyah 01 Rakit melaksanakan kegiatan olahraga di lanjutkan dengan gemabyur ( Gerakan Makan Buah dan Sayur) diakhiri dengan pembelajaran SBdP yang di sebut sebagai Sabtu ceria karena selama satu hari penuh mereka cuma melaksanakan tiga macam kegiatan yang mereka senangi, yaitu olahraga, makan bersama, dan mempraktikkan materi yang ada di pelajaran SBdP . Seperti Sabtu kali ini (12/11) seluruh siswa MI Islamiyah 01 Rakit melaksanakan Sabtu ceria dengan diawali senam yang dilaksanakan di halaman Madrasah, dengan diiringi musik senam maumere anak-anak sangat semangat hingga mengulang sampai 3 kali.

Setelah senam, seluruh siswa masuk ke kelas masing-masing untuk melaksanakan program Gemabyur yang rutin di laksanakan , mereka menikmati makanan yang sudah mereka persiapkan dari rumah dengan lauk sayuran dan juga membawa buah.

Pada kegiatan Sabtu ceria kali ini sedikit berbeda seperti biasanya, karena ada kegiatan kreasi kerajinan tangan membuat pot dari bahan bekas yang sudah mereka bawa dari rumah.

Limbah bahan bekas yang digunakan untuk membuat kerajinan tangan ini bervariasi mulai dari limbah botol plastik, kemasan air mineral, gelas bekas wadah pop ice dan semacamnya

Sebagaimana diketahui, barang bekas yang dibiarkan terkadang membuat lingkungan menjadi terlihat kurang nyaman. Padahal, barang bekas bisa disulap menjadi peralatan yang bermanfaat. Selain itu, daur ulang barang bekas seperti barang-barang berbahan dasar plastik juga bisa menyumbang kelestarian lingkungan hidup.

Seperti yang di sampaikan oleh Nur Fatimah El Zahro guru yang mencetuskan ide membuat kerajinan pot dari bahan bekas ini mengatakan bahwa tujuan di adakannya kegiatan ini adalah sebagai bentuk upaya untuk melatih kesadaran anak-anak akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan memanfaatkan limbah dari barang bekas ini.

“ Saya mempunyai ide ini bertujuan supaya melatih semua siswa untuk mempunyai kesadaran dan kepedulian mereka akan pentingnya melestarikan lingkungan dengan salah satunya memanfaatkan limbah barang bekas untuk disulap menjadi barang yang bermanfaat,” jelasnya.

Semua siswa berkumpul di halaman untuk membuat aneka bentuk pot dari botol bekas minuman air mineral kemudian di beri hiasan dengan menggunakan cat yang beraneka warna, membuat hasil karya mereka terlihat lebih menarik. Dalam kegiatan hari ini semua siswa merasa sangat semangat dan terlihat asyik melakukan proses pembuatan pot dari barang bekas ini.

Seperti yang disampaikan oleh salah satu siswa kelas 5 yang bernama Ulfiana Muizzatu Rohmah bahwa dia sangat senang dan hasil karya mereka sangan bagus dan menarik.

“ Saya sangat senang dengan kegiatan membuat kerajinan pot dari barang bekas ini, apalagi potnya di hiasi dengan aneka warna dari cat, potnya bagus semua,” ungkapnya.

Dengan kegiatan pengolahan limbah seperti ini diharapkan nantinya akan menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan dan memunculkan ide kreatif lainnya dalam memanfaatkan limbah barang bekas. (af/rf)