Tim Biologi MAN 2 Kebumen Raih Juara 2 di BBC UGM 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Prestasi menggembirakan berhasil diraih oleh Tim Biologi MAN 2 Kebumen (BIOMANDA). Tim yang beranggotakan Ananda Rahmawati, Kasifa Alfi Maghfiroh, dan Silmi Lisani, berhasil meraih juara 2 pada kompetisi Biology Brainiac Competition (BBC) 2022. Perlombaan yang diselenggarakan oleh Fakultas Biologi Universitas Gajah Mada tersebut, merupakan olimpiade biologi bagi siswa SMA/sederajat tingkat nasional dalam bentuk tim (1 tim berisi 3 orang). Tahun ini, BBC UGM memasuki edisi kelima, dengan mengambil tema “Tough Warrior’s Journey to The Amazing Peak”. Lomba diikuti oleh 34 provinsi di seluruh Indonesia, dengan dibagi ke dalam 3 region.

Sin Syin Lu’ Lu’ Handayani, S.Pd., selaku salah satu guru pembimbing, menyatakan bahwa proses perlombaan ini telah melalui beberapa tahap. “Dimulai dari babak penyisihan pada 1 Oktober 2022 dengan mengerjakan soal secara online dan pengawasan melalui zoom. Tahap ini diikuti oleh tim dari seluruh Indonesia. Tim yang lolos seleksi akan masuk babak semifinal, yakni dipilih berdasarkan 11 tim terbaik dari keseluruhan tim, beserta masing-masing 5 tim dari region 1, 2, dan 3. Dari hasil babak penyisihan diperoleh 26 tim yang melaju ke babak semifinal,” tutur Sin Syin.

Sin Syin melanjutkan, semifinal dilaksanakan pada 26 Oktober 2022 dengan pengerjaan soal pilihan ganda dan essai secara online. 10 tim terbaik dari keseluruhan tim yang mengikuti babak semifinal, berhak lolos ke babak final. “Tim BIOMANDA berhasil mendapatkan peringkat 8 dari 10 tim terbaik, jadi mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan ke babak final,” ungkap Sin Syin.

Babak Final dan Grandfinal diadakan secara bersamaan, yakni pada tanggal 6 November 2022. Pada tahap ini peserta lomba diuji kemampuan berpikir analitis dan kreatif terhadap suatu masalah yang disajikan. Peserta lomba menuliskan jawaban berupa essai dan analisis jurnal yang berkaitan dengan permasalahan yang dipilih. Dari 10 tim yang lolos, dipilih lima tim terbaik untuk lolos ke Babak Grandfinal. Tim BIOMANDA menempati peringkat ke 4 sehingga berkesempatan melanjutkan kompetisi ke babak Grandfinal.

“Pemenang diumumkan tanggal 12 November 2022. Alhamdulillah, Tim BIOMANDA dapat menyelesaikan perlombaan dengan baik sehingga memperoleh juara 2 pada BBC UGM 2022 ini. Selamat kepada Tim BIOMANDA,  semoga bisa disusul juara-juara lainnya,” pungkas Sin Syin. (Anasfz/bd).