Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi Tutup Secara resmi POSPENAS IX Surakarta

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN, – Pekan Olahraga dan Seni Antar pondok Pesantren Tingkat Nasional (POSPENAS) ke IX Tahun 2022 resmi ditutup oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi di Benteng Vasternburg, Surakarta, pada Sabtu malam (26/11/2022).

Hadir Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Waryono Abdul Ghafur, Anggota Komisi III DPR Eva Yuliana, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Se Indonesia, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota Se Jawa Tengah dan seluruh Kontingen   dan ribuan santri pengunjung.

Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para santri yang berlaga di bidang olah raga dan seni. “Selamat dan sukses untuk semua atlit yang berkontribusi di seluruh mata lomba. Dari ajang seperti inilah akan lahir atlit-atlit nasional dari santri-santri yang mencintai olah raga dan seni,” katanya

“Perhelatan ini adalah bagian dari afirmasi Kementerian Agama dalam membina potensi olah raga dan seni para santri. Sudah semestinya negara memberikan penghargaan kepada para santri karena kontribusinya sangat nyata untuk negeri ini. Resolusi jihad yang disampaikan KH. Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945, telah memicu perjuangan masif melawan penjajah pada 10 November 1945, yang dikenal sebagai hari pahlawan.

Pertempuran yang mempertaruhkan nyawa ini tak dapat dilepaskan dari peran santri dalam mewujudkan cita-cita kemerdekaan. Saya melihat semangat 77 tahun lalu itu di sini, malam ini. Semangat itu masih membara dalam bentuk berbeda, yaitu melalui olah raga dan seni”

Lebih lanjut Zainut Tauhid berpesan, zaman terus berubah dan santri harus menghadapi tantangan tantangan baru masa kini. Namun belakangan ini santri telah mengisi berbagai bidang dan menunjukkan identitasnya yang berkarakter. “Ini salah satu bukti, kiprah santri telah mengglobal dan menjangkau berbagai bidang,” katanya. (MTb/bd)