Gerakan Aksi Tanam 100 Pohon MIN 2 Temanggung

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Civitas akademika MIN 2 Temanggung mengadakan kegiatan penanaman 100 pohon dalam rangka memperingati hari Menanam Pohon Indonesia. Nur Makhsus selaku Kepala MIN 2 Temanggung menyampaikan bahwa Hari Menanam Pohon Indonesia tahun ini diperingati tanggal 28 November 2022. Namun kerena pada hari tersebut, MIN 2 Temanggung sedang melaksanakan PAS maka kegiatan tersebut dilaksanakan Sabtu (17/12).

Kegiatan ini terlaksana berkat kerja sama DPRKPLH Kabupaten Temanggung dalam Program Adiwiyata MIN 2 Temanggung. Kegiatan penanaman 100 pohon ini dilaksanakan disepanjang jalan antara MIN 2 Temanggung sampai lapangan Desa Ringinanom.

Selanjutnya Nur Makhsus mengatakan penanaman pohon dalam skala banyak mampu mendukung tumbuhnya hutan lestari sehingga menjadi daya tarik tersendiri dan memiliki fungsi wisata. Sedangkan, fungsi konservasi mencakup konservasi udara, air dan lahan. 

“Konservasi dari sisi udara, pohon dapat menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen. Keberadaannya mengurangi efek pemanasan global dan perubahan iklim. Konservasi air, maksudnya meningkatkan ketersediaan debit sumber mata air dan sungai. Dengan penanaman pohon-pohon tertentu dapat menjadi penyelamat mata air. Dari sisi konservasi lahan, mampu mengeliminir bencana alam karena erosi seperti tanah longsor dan banjir,” jelasnya.

Lebih spesifik, Ia menekankan gerakan tanam pohon sebagai gerakan tanam kebaikan. ”Penanaman pohon sebagai bukti kepedulian cinta dari manusia terhadap bumi yang dipijak dan lingkungan hidup disekitarnya. Dari masa ke masa, gerakan penanaman pohon harus terus dipicu, dipacu dan didongkrak,“ imbuhnya. 

“Mari kita tanam pohon dengan penuh kesadaran dan ketulus ikhlasan. Sebab, kita tanam hari ini belum tentu kita yang yang akan memanennya, tetapi menjadi warisan kepada anak cucu generasi penerus kelak. Mari tanam dimanapun kapanpun dan siapapun karena kelestarian lingkungan hidup menjadi tanggung jawab semua komponen baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat,“ ajaknya. Diakhir sambutannya Nur Makhsus menyampikan, kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Desa Ringinanom. Harapan dari kegiatan penanaman 100 dan Tadabur Alam ini adalah sebuah ikhtiar agar siswa-siswi mempunyai karakter peduli terhadap alam sebagaimana Visi MIN 2 Temanggung yaitu terwujudnya insan yang bertaqwa, cerdas, berprestasi dan peduli lingkungan.(sr/rf)