Guru MAN 2 Kudus RaihJuara 3 Lomba Video Pembelajaran

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kudus – Madrasah Aliyah Negeri 2 (MAN) 2 Kudus kembali meraih prestasi tingkat Provinsi Jawa Tengah. Kali ini bukan siswanya yang meraih prestasi, tetapi gurunya. Yaitu prestasi meraih juara 3 dalam lomba Video Pembelajaran Pendidikan Menengah dalam rangka Gelar Karya Guru dan Siswa Tahun 2022. Penyelenggara lomba ini adalah Balai Pengembangan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah. Jumlah peserta lomba 276 karya video pembelajaran, media pembelajaran, dan edugame.

Babak penyisihan kualifikasi lomba diadakan pada September sampai dengan Oktober 2022 dan finalnya pada 13 Desember 2022. Teknis lomba adalah guru membuat konsep pengajaran outdoor secara interaktif, guru dan siswa bermain peran (role-play) pembelajaran implementasi speaking skills tentang lagu, kemudian guru melakukan syuting, editing, dan submitting (uploading) video ke portal jateng pintar Kemdikbud Jateng (Online).

Pada babak final guru dan siswa melakukan VODCAST dengan host dari BPTIK KEMDIKBUD JATENG secara live, dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube BPTIK DIKBUD JATENG. Penjurian langsung dari dewan juri juga dukungan dari jumlah viewerslike, dan comment di YouTube.

Guru MAN 2 Kudus yang berhasil meraih juara 3 dalam lomba video pembelajaran ini adalah Muhamad Khodrotun Naja, M.Pd. Sedangkan siswa yang berperan dalam pembuatan video adalah Tsania Fatimah Az-zahra (XI Bahasa), Silky Nielna Rizqiya (XII Bahasa), dan Muhammad Rafli Nurusyaika (XII Bahasa). Atas prestasinya ini berhak mendapatkan uang pembinaan 3 juta rupiah, plakat, dan sertifikat juara 3.

Judul karya video adalah “The Believers: SONG”. Video pembelajaran ini mengilustrasikan implementasi keahlian berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari-tentang lagu (song).

Kepala MAN 2 Kudus Drs. H. Shofi, M.Ag. menyambut gembira atas prestasi yang berhasil diraih salah seorang guru yang meraih penghargaan juara 3 di ajang lomba Video Pembelajaran Pendidikan Menengah dalam rangka Gelar Karya Guru dan SiswaTahun 2022, serta berharap agar seluruh guru tetap semangat mengajar ilmu dalam kegiatan belajar mengajar dan terus meraih prestasi baik di bidang riset, bidang akademik maupun non akademik, baik di tingkat nasional maupun internasional. (Widya/WHP/bd)