Kankemenag Kab. Karanganyar Fasilitasi Calon Qori’ dan Qori’ah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Karanganyar – Upaya mencetak generasi unggul terus diupayakan pemerintah. Dalam hal ini Kementerian Agama Kab. Karanganyar melalui seksi Bimas Islam menggelar Koordinasi fasilitasi Calon Qori dan Qoriah, di Ruang Rapat Masjid Agung Madaniyah Karanganyar, Kamis, 22/12/2022. Kepala seksi Bimbingan Masyarakat Islam KanKemenag Kab. Karanganyar, Ruslan, SH menjelaskan bahwa dalam rangka menyiapkan generasi yang unggul diharapkan dukungan dari segala pihak.

“Pembinaan tahun ini dibagi menjadi dua kelas, yakni kelas Tilawah dan Tartil. Peserta berjumlah 60 Siswa, 30 siswa ikut kelas Tilawah dan 30 siswa lainnya ikut kelas Tartil. Maka diadakannya pembinaan Qori’ dan Qori’ah se Kab. Karanganyar,” kata Ruslan.

“MTQ merupakan pekerjaan kita bersama sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas dan ketaatan beragama, maka berbicara peningkatan kualitas kehidupan beragama maka hal ini merupakan tanggung jawab kita bersama. Kami berharap upaya ini mampu mendongkrak kualitas penguasaan tilawah bagi para qari/qariah sehingga siap terjun pada musabaqah baik di tingkat kabupaten Karanganyar maupun tingkat provinsi jateng,“ imbuhnya.

Kelas Tilawah diampu Ustadz Abdul Charis dan Ustadz Mahmud Chusoiri. Sedangkan dikelas Tartil diampu Ustad Andi Aziz dan Ustadz Muhammad Amrulloh. Pada masing-masing kelas, tutor menyampaikan dengan model yang berbeda agar peserta tidak cepat capek dan bosan. Pembinaan seperti ini harus banyak praktek sehingga tutor bisa melihat kemampuan peserta dalam memahami materi yang sudah disampaikan.

“Sangat membantu pihak sekolah dan wali siswa yang kebetulan saat ini dalam mas liburan. Kegiatan posistif seperti ini harus terus diadakan, walaupun peminatnya tidak sebanyak bidang yang lain,” ungkap salah satu pendamping peserta.

Harapannya para calon Qori dan Qori’ah dari kabupaten Karanganyar semakin banyak mewarnai bumi Karanganyar dengan kualitas bacaan yang sudah semakin baik. Sehingga prestasi demi prestasi dapat diraih. Amiin yaa robbal ‘alamiin..(ida/sua)