Kemenag Pati Rilis Madrasah Terbaik Tingkat Kab. Pati

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

PATI – Dalam rangka menyambut HAB Kemenag Ke-77, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati baru saja merilis Madrasah terbaik di Kabupaten Pati pada acara pengumuman secara online hasil The Best Achivement Of Madrasah 2022 yang merupakan ajang pemilihan Madrasah Berprestasi Tingkat Kabupaten Pati Tahun 2022, Kamis, (29/12).

Hadir secara offline dalam acara tersebut, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pati, Kepala seksi Pendidikan Madrasah (Penmad), Ketua Pokjawas Kemenag Pati dan panitia, sementara Kepala Madrasah mengikuti acara secara online di kediaman masing-masing.

Usai menyampaikan hasil pengumuman, Kasi Penmad Ruhani mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan motivasi kepada seluruh GTK (guru dan tenaga Kependidikan) madrasah se Kabupaten Pati supaya tetap semangat meningkatkan kompetensi. “Saya berharap kepada seluruh GTK agar mampu berkreasi, berinovasi dan berkompetisi meraih prestasi dibidang akademik maupun non akademik,” ujarnya.   

“Sebanyak 650 madrasah di kabupaten Pati terdiri dari 233 Raudlatul Athfal (RA), 212 Madrasah Ibtidaiyah (MI), 137 Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan 68 Madrasah Aliyah di bawah lingkup Kemenag Pati ini dinilai dengan klasifikasi skor satu (1) untuk prestasi tingkat kabupaten, dua (2) untuk prestasi tingkat provinsi, tiga (3) untuk prestasi tingkat nasional dan lima (5) untuk prestasi tingkat internasional,” ungkap Ruhani.

Ruhani menambahkan, Penghitungan peringkat prestasi terbaik Madrasah se-Kabupaten Pati ini dimulai sejak tanggal 1 Januari 2022 sd. 25 Desember 2022. “Hasil Peringkat ini merupakan raihan prestasi guru dan peserta didik dalam ajang perlombaan akademik maupun non akademik yang telah diikuti dari tingkat kabupaten, provinsi, nasional maupun internasional sepanjang tahun 2022 yang telah diunggah di Data Peserta Didik Madrasah (D-PDM),” jelas Ruhani.

Penilaian The Best Achivement Of Madrasah ini didasarkan pada rekapitulasi prestasi yang di Upload di aplikasi D-PDM (Daftar peserta didik madrasah) yang dibuktikan dengan piagam penghargaan yg diperoleh baik secara daring maupun luring.

“Dengan rilis Madrasah Terbaik di Kabupaten Pati tersebut, maka Madrasah secara nyata, juga merupakan tempat yang mumpuni dan kredibel bagi anak-anak untuk mengenyam Pendidikan,” tegas Ruhani.

Ruhani merasa bangga atas perolehan prestasi yang telah diraih oleh madrasah-madrasah dalam naungan Kemenag Pati ini. “Prestasi yang diraih ini akan menjadi motivasi kita semua untuk terus meningkatkan kualitas madrasah dan merealisasikan program-program yang bersifat progres baik di bidang akademik maupun non akademik hingga ke depan nanti akan mencapai raihan prestasi yang lebih baik lagi.” harapnya 

Menurut Ruhani, hasil prestasi ini berkat rahmat Allah dan berkat kerja keras dan cerdas dari seluruh civitas akademik madrasah-madrasah dalam binaannya serta tidak luput dari semangat yang ditebarkan oleh madrasah pembina,” jelasnya.

“Semoga di tahun yang akan datang madarasah-madrasah berprestasi di Kabupaten Pati ini mampu mempertahankan dan lebih meningkatkan prestasi sehingga tetap pada posisi terbaik dan lebih baik,” harap Kasi Penmad Kemenag Pati mengakhiri penjelasannya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, Ali Arifin menjelaskan bahwa The Best Achivement Of Madrasah 2022 yang diselenggarakan dalam rangka HAB Kemenag ke-77 ini sebagai evaluasi dan muhasabah bagi madrasah khususnya dalam pencapaian prestasi.

Dalam sambutannya, Ali Arifin mengucapkan selamat kepada madrasah-madrasah yang berhasil memperoleh prestasi terbaik. “Selamat dan jangan puas karena persaingan pendidikan ini sangat dinamis,” ucapnya.

Di akhir sambutannya, Ali Arifin mengajak agar semua madrasah di Kabupaten Pati dapat ber- fastabiqul khoirot dalam meningkatkan prestasi baik di tingkat kabupaten, provinsi, nasional, dan internasional. “Monggo sama-sama berjuang mencerdaskan anak bangsa supaya pengelolaan madrasah di Kabupaten Pati akan mengorbitkan tunas pemimpin bangsa yang bagus dan berakhlakul karimah,” ajaknya.(at/Sua)