081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Pelatihan Pengukuran Arah Kiblat Dan Hisab Rukyat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung bekerjasama dengan Pemkab dalam hal ini BHRD Kab. Temanggung menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pengukuran Arah Kiblat dan Hisab Rukyat bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Kamis (22/12).

Kegiatan diikuti oleh 20 orang peserta, terdiri dari Bagian Kesra Pemkab Temanggung, Perwakilan PC NU, Perwakilan PD Muhammadiyah, Inisnu dan pegawai di lingkungan Kankemenag Kab. Temangung, dengan menghadirkan narasumber Ketua BHRD Kab. Temanggung, Ahmad Syarif Yahya dan Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Ismail.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Kabag Kesra, H. Herman Santoso dan Kasi Bimas Islam Kankemenag Kab. Temanggung, H. Munsiri serta Penyelenggara Zawa, Hj. Maria Ulfah.

Dalam Laporannnya, H. Munsiri menyampaikan bahwa kegiatan ini dibiayai oleh Pemkab Temanggung melalui BHRD Kab. Temanggung.

“Tujuan kegiatan pelatihan ini untuk membekali kepada semua peserta cara mengukur arah kiblat,” ujarnya.

Kabag Kesra, H. Herman Santoso saat membuka kegiatan ini secara resmi, menyampaikan hal senada dengan yang disampaikan oleh Kasi Bimas Islam. Beliau berharap dengan adanya pelatiha ini peserta dapat memahami  dan  bemanfaat serta bisa dikembangkan di masyarakat. 

Sementara Ketua BHRD Kab. Temanggung, Ahmad Syarif Yahya yang akrab dipanggil Gus Yahya dalam materinya menyampaikan, menghadap ke arah kiblat merupakan syarat sah shalat. Ketika shalat, ummat Islam menghadapkan badannya ke arah kiblat tanpa mengetahui secara persis apakah kiblat yang dimaksudnya benar-benar tertuju ke Ka’bah sebagai episentrum arah shalat setiap ummat Islam di seluruh dunia.

Pada kesempatan yang sama narasumber dari Kanwil Kemenag Prov. Jateng, H. Ismail menyampaikan materi penghitungan hisab rukyat.  Didalam pembahasannya beliau menjelaskan bahwa dalam melakukan pengukuran arah kiblat ini membutuhkan beberapa aplikasi pendukung sebagai alat bantu dalam memperoleh data yang akurat dan sebagai alat penghitung dalam mendapatkan data yang valid.

Aplikasi tersebut berupa Aplikasi Suncalc org, GPS Test dan Scientific Calculator. Aplkasi GPS Test tersebut berfungsi sebagai pencari titik koordinat dari tempat yang akan dilakukan pengkuran arah kiblat yang nantinya akan dihitung dengan Scientific Calculator. Sedangkan Aplikasi Suncalc org berfungsi sebagai alat pencari data azimuth matahari dengan memasukan lokasi terkini yang terhubung secara live dan akurat. (sr/rf)