081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Pemantauan Persiapan Perayaan Natal Tahun 2022 Pada Sejumlah Gereja Di Kab. Pekalongan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB. PEKALONGAN,- Dalam rangka persiapan perayaan Natal Tahun 2022, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan H. Sukarno bersama Penyelenggara Katolik Purwaningsih, melakukan pemantauan persiapan perayaan ke sejumlah gereja di Kabupaten Pekalongan (23/12)

Kakankemenag ingin memastikan semua hal terkait pelaksanaan ibadah seperti kelengkapan proses, kenyamanan jamaat, keamanan,  telah dipersiapkan dengan baik sehingga pelaksanaan ibadah dapat berjalan lancar, aman dan sehat. Sejumlah gereja yang disambangi tersebut adalah Gereja Katolik Santo Yohanes Karanganyar, Gereja Kristen Jawa (GKJ) Imanuel Karanganyar, Gereja Sidang Jemaat Allah (GSJA) Kajen dan Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdl) Eben Haezer Gandarum.

Berdialog dengan Romo, Pendeta dan juga aparat kepolisian yang berjaga Kepala Kemanag berharap perayaan Natal tahun 2022 di Kabupaten Pekalongan dapat berlangsung aman dan lancar dengan penuh rasa syukur dan kegembiraan. Di Gereja Katolik Santo Yohanes Karanganyar rombongan Kakankemenag diterima oleh Romo FA Teguh Santoso, sedangkan di Gereja Kristen Jawa (GKJ) Imanuel Karanganyar rombongan  diterima oleh Pendeta Yusuf Sarjono, kemudian di Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) diterima oleh Pdt. Robert Jackson Tambuwun dan di Komunitas  Gereja Sidang Jemaat Allah (GSJA) Kajen rombongan Kepala Kemenag diterima oleh Pendeta Lusi Gultom.

Romo Gereja Katolik Santo Yohanes FA Teguh Santoso  menyampaikan terima kasih atas kunjungan yang telah dilakukan Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Agama atas kunjungannya, kegiatan ini betul-betul kami sambut dengan baik demi berjalannya perayaan Natal yang aman di Kabupaten Pekalongan, ”ucapnya.

Dikatakan Romo Teguh bahwa jumlah Jemaat gereja katolik Santo Yohanes Karanganyar yang mengikuti perayaan Natal tahun ini sebanyak 200 jemaat dengan agenda kegiatan dimulai dari tanggal 20 desember yakni pengakuan dosa, Misa malam Natal tanggal 24 desember, Misa HR Natal Pagi tanggal 25 desember, Misa peresmian Paroki dan Pesta Nama St. Yohanes Rasul tanggal 27 desember, Misa Pesta Keluarga Kudus jumat tanggal 30 desember, Misa HR St. Maria Bunda Allah /Tahun Baru Minggu tanggal 1 Januari 2023, Misa HR Penampakan Tuhan/Anak Misioner Minggu tanggal 8 Januari dan Misa Pesta Pembanstisan Tuhan Senin tanggal 9 Januari 2023.

Sementara itu Pendeta Gereja Kristen Jawa (GKJ) Imanuel Karanganyar, Yusuf Sarjono menjelaskan bahwa anggota Perkumpulan Umat Kristiani (PERKUMKRIS) wilayah Kajen – Karanganyar terdapat tiga Gereja, yaitu Gereja Pantekosta di Indonesia (GDPI) Ebenhaezer Kajen yang terletak di Gandarum dengan jumlah jemaat sebanyak 100 orang, GKJ Immanuel Karanganyar terletak di Karanganyar dengan jumlah jemaat sebanyak 164 orang, Komunitas Gereja Sidang Jemaat Allah (GSJA) Kajen yang terletak di Jalan Mandurorejo Nyamok jumlah jemaat sebanyak 20 orang.

Kepala Kemenag Kab. Pekalongan, Sukarno mengapresiasi kesiapan Natal di sejumlah gereja, yang sudah menerapkan pengamanan seperti adanya posko kemananan dan menyediakan sarana protokol kesehatan.

“Dari yang kita pantau, semua sudah siap dan faktor keamanan serta protokol kesehatan sudah disiapkan. Perayaan Natal tahun ini diharapkan tak hanya berjalan aman dan nyaman, tapi juga tertib dengan tetap menjalankan protokol Kesehatan sebab pandemi Covid 19 belum benar benar berakhir. ”tutupnya. (Pur/MTb/bd)