Peringati HAB ke 77, Kankemenag Kab. Wonosobo Lakukan Ziarah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo – Kakankemenag Beserta beberapa ASN Kankemenag Kab. Wonosobo, melakukan ziarah makam ke beberapa makam pendahulu pegawai Kankemenag Kab. Wonosobo selama dua hari berturut-turut yakni, Rabu-Kamis, 21-22 Desember 2022.

Ziarah merupakan rangkaian acara dalam memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke-77, yang puncak nya akan dilaksanakan pada tanggal 3 Januari 2023 mendatang.

“Ini merupakan kegiatan yang rutin kami lakukan setiap tahun yang dilaksanakan bertepatan dengan peringatan HAB Kemenag,” kata Farid selaku Kakankemenag Kab. Wonosobo.

“Selain untuk mengenang jasa pendahulu, (lanjut Farid), kegiatan tersebut sekaligus merupakan perjalanan religi untuk meningkatkan ketakwaan bagi yang masih diberikan kesempatan hidup. Ziarah kubur bukan hanya sekedar ritual keagamaan. Lebih dari itu banyak hal yang bisa diambil pelajaran berharga. Kami harap bisa meneladani contoh yang baik yang dilakukan para pendahulu,” imbuh Farid.

Kiprah Pendahulu Pegawai Kankemeng Kab. Wonosobo dalam mendedikasikan diri semasa hidupnya untuk mengabdi melayani masyarakat hingga akhir hayat, pantas untuk terus dikenang dan diteladani. Hal itulah yang menggerakkan banyak orang lantas singgah melakukan ziarah kubur ditempat peristirahatan terakhirnya untuk mengirimkan doa.

Sama seperti peringatan HAB tahun-tahun sebelumnya, ziarah dilakukan ke beberapa makam pendahulu yang memiliki sumbangsih besar terhadap perjalanan bangsa dan agama terlebih di lingkup Kankemenag Kab. Wonosobo.

“Ziarah makam ini sudah seperti agenda tahunan yang wajib dilaksanakan oleh Kemenag setiap peringatah HAB, seperti di makam KH. Abu Dardiri yang di Purwokerto. Beliau adalah salah satu tokoh agama yang menginisiasi adanya Kemenag di Indonesia,” tandasnya.

Selain makam KH. Abu Dardiri, makam lainnya yakni makam KH. Muntaha, Alh yang merupakan pendiri UNSIQ dan Ponpes Al Asyariah Kalibeber Wonosobo, makam KH, Misbah, makam H. Solihin, makam H. Suparyo, dan makam H. Ahmad Syakur serta H. Syarif Hidayat, tokoh pendahulu pegawai Kankemenag Kab. Wonosobo.(ps-ws/Sua)