Rakernas FKDT Usulkan Lampung Tuan Rumah Porsadin 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Tanggerang – Perhelatan tingkat nasional Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah ( PORSADIN ) yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali selama ini selalu berbarengan dengan POSPENAS yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama.

Oleh karena itu kedepan PORSADIN diupayakan diselenggarakan tahun depan 2023 agar tidak bersamaan dengan kegiatan POSPENAS. Ini sangat penting karena keduanya sama hajat nasional dengan kepesertaan dari lembaga pendidikan Islam di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia hal tersebut merupakan salah satu rekomendasi dari Rakernas FKDT tahun 2022 di Tanggerang.

Sudah ada beberapa DPW FKDT yang siap menjadi tuan rumah, termasuk Propinsi Lampung sudah menyatakan kesiapannya. Untuk Jawa Tengah masih menunggu kordinasi dengan Pemprov setempat karena terkait dengan birokrasi anggaran.

Jadi kalau di Lampung sudah disiapkan lokasi yang strategis dengan sarana dan prasarana yang memadai. Sekalipun tempatnya di tengah hutan tapi fasilitas untuk kegiatan PORSADIN dipastikan terpenuhi. Termasuk urusan logistik dan akomodasi dan sebagainya Lampung sudah siap. Demikian disampaikan Ketua Umum DPP FKDT, H. Lukman Hakim dihadapkan peserta Rakernas 1 DPP FKDT di Tangerang Banten.

Lebih lanjut Lukman menuturkan, dalam rangka percepatan kegiatan  PORSADIN untuk pelaksanaan bisa langsung di tingkat Provinsi.  Adapun seleksi tingkat kabupaten bisa dilaksanakan dengan model yang sederhana untuk meringankan beban anggaran.

Menanggapi hal tersebut Ketua DPW FKDT Lampung, KH Adib menyatakan kesanggupannya menjadi tuan rumah PORSADIN tingkat nasional tahun 2023. Kami siap menjadi tuan rumah untuk kegiatan PORSADIN tahun 2023, ucap Kyai Adib.

Sementara itu Ketua FKDT Jawa Tengah Kyai Abdul Rahman  belum bisa memutuskan sanggup dan tidaknya menjadi tuan rumah. Kami harus berkoordinasi dengan Pemprov dan Kanwil Kementerian Agama Jawa Tengah serta pengurus DPW yang lain.

Rakernas 1 DPP FKDT yang diselenggarakan di hotel Pakons Prime Tangerang tanggal 23 s.d 24 Desember dikuti oleh seluruh jajaran Pengurus DPP FKDT dan Ketua DPW FKDT se Indonesia.

Turut hadir memberikan pembekalan tentang Beka Negara, Kapolri Jenderal Listyo Sigit  Prabowo yang diwakilinya oleh Dir Sosbud Mabel Polri Brigjen Arif Rahman. Menteri Agama RI yang di wakili oleh Staf Ahli Menteri Agama bidang Hukum Prof. DR. H. Abu Rohmat,M.Ag juga turut serta memberikan Sambutan Pengarahan pada saat Pembukaan Rakernas tersebut.(As/Sua)