Tiga Penghargaan Kemenag Brebes atas Pengelolaan DIPA Tahun 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Kamis, (08/12/22) Kantor Kemenag Brebes di tahun 2022 ini mendapat penghargaan luar biasa dari KPPN Tegal yang dilaksanakan pada kegiatan penyerahan DIPA TA 2023 untuk satker wilayah kerja KPPN Tegal.

Bertempat di Aula lantai 2 yang di saksikan oleh 72 orang Kuasa Pengguna Anggaran (KPA)  atau perwakilan yang hadir. Dimana total DIPA yang diserahkan mencapai 91 buah untuk 72 kantor (terdapat beberapa kantor yang mendapatkan lebih dari satu DIPA).  Agenda lain yang dilaksanakan pada kegiatan tersebut adalah peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia 2022) dan press release APBN pada KPPN Tegal periode November 2022.

Kepala KPPN Tegal Sunoto dalam sambutannya menyampaikan bahwa Realisasi belanja sampai dengan November 2022 sebesar Rp3.36 triliun atau mencapai 91.83% dari alokasi pagu DIPA TA 2022, mengalami kenaikan sebesar 4.46% dibandingkan periode yang sama TA 2021, dan realisasi belanja TKDD masih menjadi kontributor terbesar realisasi belanja serta butuh komitmen bersama untuk mencapai target penyerapan anggaran TA 2022 yang telah dihitung berdasarkan proyeksi penyerapan anggaran sebesar Rp3.59 triliun (98.40%), sehingga diharapkan satker mampu menjaga ritme untuk mencapai target tersebut.

Terkait dengan DIPA 2023, Beliau juga menyampaikan pokok-pokok APBN 2023. “APBN tahun 2023 dirancang untuk tetap menjaga optimisme pemulihan ekonomi, meningkatkan kewaspadaan dalam merespons gejolak global yang terus berlangsung, dimana target Pendapatan Negara  sebesar  Rp2.463,0 triliun mencerminkan  kehati-hatian dalam mengantisipasi ketidakpastian harga-harga komoditas, kecenderungan perlemahan ekonomi global dan dampaknya ke perekonomian Indonesia,” ungkapnya.

Mengakhiri sambutannya, Sunoto mengharapkan agar setiap satker untuk melakukan akslerasi sejak awal tahun, sehingga manfaat APBN ini dapat secara langsung dan maksimal dirasakan oleh masyarakat.

Selanjutnya, sebagai bagian dari program island of integrity dalam rangka memperingati Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia 2022), KPPN Tegal secara konsisten juga senantiasa menyampaikan kegiatan penyuluhan anti korupsi termasuk saat pelaksanaan kegiatan penyerahan DIPA 2023 kali ini.

Tri Widodo, Plt. Kasi Vera KPPN Tegal yang juga penyuluh antikorupsi tersertifikasi KPK pada kesempatan tersebut turut me-refresh kembali program budaya antikorupsi, sehingga pelaksanaan DIPA 2023 diharapkan dapat berjalan dengan akuntabel. Menutup sesi island of integrity, Tri Widodo juga mengajak seluruh peserta yang hadir untuk bersama-sama membacakan pernyataan komitmen antikorupsi.

Pada acara pemberian penghargaan kepada satuan kerja yang memiliki kinerja terbaik pada tahun 2022 , di mana Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes mendapatkan penghargaan.

1. Instansi terbaik kedua pada Kategori Pagu Rp10 miliar s.d. Rp20 miliar yang dikalahkan oleh KPP Pratama Tegal.

2. Terbaik ketiga pada  Kategori  Penyampaian  SPM  yang akurat, diungguli oleh Kantor KPP Bea cuka Tegal dan MTsN 5 Kab. Tegal.

3. Terbaik Pertama pada Kategori Pengelola Keuangan Satker Paling Komunikatif dan Inspiratif atas nama Sdr. Dona Janitra Marwoko–Kantor Kemenag Kab. Brebes

Sebagai penutup acara, dilakukan penyerahan DIPA 2023 secara simbolis dari Kepala KPPN Tegal Sunoto, kepada beberapa KPA yang salah satunya di terima oleh Mad Soleh selaku Kasubbag TU Kankemenag Brebes.

Mad Soleh mengucapkan kesyukuranya atas penghargaan yag diperoleh Kantor Kemenag Brebes yang menyabet 3 penghargaan sekaligus di tahun 2022 ini semoga kedepanya dapat mempertahankan dan meningkatkan perolehan penghargaan dengan cara meningkatkan produktivitas dan akuntablitas kinerja di seluruh lini Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes, hal tersebut disampaikan kepada penulis sekembalinya dari Kantor KPPN Tegal untuk menerima petikan DIPA Kantor Kemenag Brebes Tahun 2023.(Hid/Sua)