Arahan Bagi Peserta Calon Petugas Haji, Tak Lupa Sisipkan Wawasan Kebangsaan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta – 20 Peserta Lolos Tes Administrasi berhak mengikuti tes CAT Online dalam Seleksi Calon PPIH Arab Saudi dan PPIH Kloter. Kepala Kankemenag Kota Surakarta, Hidayat Maskur menyampaikan arahan dan motivasinya kepada seluruh peserta, pagi ini (24/01) di Aula Kemenag Surakarta. “Kita ucapkan syukur, telah ditetapkan sebagai peserta CAT Petugas Haji, maka besok akan kita ikuti salah satu tahapan proses tersebut,” jelasnya. Hidayat mengingatkan pada peserta untuk mempersiapkan peralatan dan jaringan, dalam hal ini gadget yang diperlukan support berbasis android, dan jaringan internet yang memadai. “Dalam kelanjutannya untuk sesi wawancara di tingkat provinsi, jangan lupa untuk selalu berpegang pada penerapan wawasan kebangsaan dan kebijakan NKRI,”lanjutnya.

Didampingi oleh Kasi Haji dan Umroh, Suyono yang mengingatkan pada peserta pagi ini bahwa calon petugas haji yang mengikuti seleksi terkonfirmasi mencapai jumlah 800 peserta se-Jawa Tengah. “Mengingat pentingnya seleksi esok hari, maka peserta diimbau untuk tidak merespon panggilan atau chat di gadget masing-masing,”tuturnya. Peserta juga diharapkan untuk datang 30 menit sebelum tes dimulai, dan terlebih dahulu mengikuti acara pembukaan. Seleksi CAT dilaksanakan selama 90 menit, dan tidak diperkenankan membawa HP cadangan. “Selama CAT, mohon untuk tidak membuka aplikasi-aplikasi lainnya, seperti google, yahoo, dll, hanya ada aplikasi CAT saja,”tegasnya.

Dari sekian peserta calon petugas haji, banyak diantaranya memilih dan menentukan jenis tugas seperti ketua kloter, pembimbing ibadah kloter, pelayanan konsumsi, pelayanan akomodasi dan pelayanan transportasi. Kuota jamaah haji yang diperkirakan memenuhi jumlah 1 kloter, membatasi penerimaan petugas haji sejumlah 1 PPIH Arab Saudi dan 1 PPIH Kloter. (may/bd)