081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Banyumas Buka Seleksi PPIH Tahun 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

PURWOKERTO – Kementerian Agama (Kemenag) Banyumas, melalui seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), secara resmi memulai rekrutmen seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) tahun 2023, dan petugas kloter dan Arab Saudi. Pelaksanaan seleksi administrasi (5-20/1/2023), seleksi Computer Assited Test (CAT) akan diadakan tanggal 23 Januari.

Kakan Kemenag Banyumas H. Aziz Muslim menambahkan di Jawa Tengah ada 86 kloter dengan 29.786 orang calon jamah haji. Sedangkan prediksi jumlah jemaah haji Banyumas tahun 2023 sebanyak 1.381 orang.

” Untuk porsi aman dan 14 orang untuk porsi cadangan dengan asumsi full kuota atau 100 persen, dengan petugas PPIH dalam 1 kloter ada 5 orang, terdiri atas ketua kloter, pembimbing ibadah, dokter, serta petugas medis atau perawat, ” imbuhnya.

Lebih lanjut, Kakan kemenag Banyumas mengatakan, kepastian jumlah kuota calon jamaah haji Banyumas, masih menunggu keputusan dari Kanwil Kemenag Jateng. Dan seleksi petugas kloter dan PPIH Arab Saudi terbuka untuk umum dengan syarat harus ada rekomendasi dari ormas Islam, lembaga pendidikan, atau pesantren. Sedangkan untuk PNS harus melampirkan surat tugas dari kementerian/lembaga.

“ Semua proses pendaftaran rekrutmen seleksi PPIH tahun 2023 dilakukan sepenuhnya secara online, agar lebih mudah dan transparan. Khusus untuk pembimbing ibadah haji, dipersyaratkan harus sudah berhaji dan memiliki sertifikat pembimbing manasik serta harus mampu mengoperasikan microsoft office serta aplikasi pelaporan PPIH berbasis android atau iOS, ” katanya.

Ia juga menjelaskan, peserta yang lulus seleksi administrasi ditingkat kabupaten/kota mereka harus mengikuti computer asested test (CAT) tingkat pertama di kabupaten/kota pada 23 Januari 2023.

Sementara itu Kasi PHU Hendro menjelaskan bahwa pelaksanaan rekrutmen petugas haji tahun ini dilakukan secara online melalui CAT dan terpusat secara bersamaan.

“ Untuk pendaftaran  petugas ada pengunduran waktu yang tadinya dari tanggal 5 – 13 Januari dan CAT tanggal 17 diundur , pendaftaran sampai tanggal 20 dan tes CAT tanggal 23 Januari. Keputusan pengunduran waktu ini dikeluarkan oleh Kemenag pusat “. Jelasnya.

“ Untuk Kemenag Kabupaten Banyumas sendiri sudah melakukan sosialisasi pelaksanaan CAT terhadap calon peserta tes pada hari Senin (16/01) di aula Al Ikhlas “. Jelasnya lebih lanjut.(yud/rf)