HAB ke 77 di Tutup dengan Jalan Sehat Kerukunan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Setda Brebes, Ir. Joko S. yang mewakili penjabat Bupati Brebes melepas secara resmi gerak jalan sehat kerukunan didampingi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kemenag) Kabupaten Brebes H. Fajarin, Kamis, (12/01/23) di Halaman Kemenag Brebes.

Kantor Kemenag Kab. Brebes mengatakan kegiatan jalan sehat kerukunan umat ini dilaksanakan saat ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan hampir di seluruh Kantor Kemenag se Indonesia dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke 77 tahun 2023. “Kegiatan Jalan Sehat Kerukunan ini merupakan kegiatan rutin tiap tahunnya dilaksanakan untuk memeriahkan HAB,” katanya.

Beliau menambahkan selain sebagai ajang silaturrahmi antar ASN dan keluarga besar Kemenag khususnya di jajaran Kemenag Brebes, Jalan Sehat kerukunan ini juga untuk menggambarkan kebersamaan umat dalam menjaga kerukunan dan kenyaman dalam keberagaman dan kebersamaan dengan berlandaskan sikap toleran.

”Kerukunan umat merupakan pondasi kuat dalam menjaga kesatuan dan persatuaan bangsa, seperti tema HAB ini Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat”. tambahnya.

Setda Brebes mengaku sangat mengapresiasi dengan kegiatan gerak jalan sehat yang diikuti dari berbagai umat beragama, Ia berharap dengan kegiatan itu bisa menjadi sarana silaturahmi dan kerukunan antar umat beragama khususnya di Kabupaten Brebes sehingga suasana yang tenteram, aman, nyaman dan damai dengan saling menghormati dan menghargai satu sama lainnya dapat dipertahankan.

“Semoga dengan kegiatan jalan sehat kerukunan ini semakin meningkatkan kerukunan umat di Kabupaten Brebes,” harap Joko S.

Sementara Koordinator Jalan Sehat Kerukunan H.Akrom mengatakan bahwa kegiatan ini harus kita maknai sebagai motivator dalam menjaga keharmonisan baik intern umat beragama maupun antar umat beragama. “ Ini bukan sekedar jalan santai tapi memiliki nilai kebersamaan untuk menjaga keharmonisan dan tenggang rasa antar sesama umat beragama yang hidup rukun serta tidak terpengaruh dari perbuatan yang merusak tatanan hidup berbangsa dan bernegara,” katanya.

Selanjutnya Akrom menerangkan  bahwa peserta yang mengikuti jalan sehat kerukunan ini terdiri dari Kemenag baik pegawai kantor maupun guru dan siswa, serta beberapa tokoh agama dan ormas keagamaan. “ Taburan Doorprize untuk peserta Jalan Sehat Kerukunan sangat menarik dan meriah karena ada beberapa hadiah utama seperti Kulkas, Mesin Cuci, Televisi dan peralatan Rumah Tangga yang hampir berjumlah 200 lebih,” terangnya.

Rute jalan sehat kerukunan ini diawali star di halaman Kemenag Brebes dilanjutkan dengan jalan Ahmad Yani, kemudian ke jalan Sunan Gunung Djati, berbelok ke Jalan Hasyim Ashari, ke Jalan Yossudarso, kembali ke Jalan Ahmad Yani dan berbelok finish kembali ke Halaman Kemenag Brebes.(hid/Sua)