Hindari Anemia, MTsN 3 Magelang Lakukan Screening Kesehatan Peserta Didik

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Sebanyak 87 peserta didik putri kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Magelang, Selasa pagi, (10/01/2023) mengikuti kegiatan screening kesehatan anak bersama team dari Puskesmas Windusari . kegiatan berlangsung dari pukul 08.30 WIB sampai dengan selesai di samping ruang Bimbingan dan Konseling (BK).

Petugas kesehatan yang melakukan screening merupakan team dari puskesmas windusari yang terdiri dari satu orang dokter dan tiga perawat dan melibatkan petugas UKS MTs Negeri 3 Magelang yaitu Siti Umaroh dan Bintu Zaaedah. Pada kesempatan ini screening yang di lakukan berfokus pada pemeriksaan kadar Hb.

Menurut siti umaroh pemeriksaan kadar Hb bertujuan mendeteksi anemia pada peserta didik sekaligus memberikan edukasi pada peserta didik tentang bahaya anemia dan dampaknya bagi kesehatan reproduksi pada wanita.

Dari hasil pemeriksaan kadar Hb diketahui sebanyak 15 peserta didik mengalami anemia dan 68 peserta didik dalam kondisi normal, adapun langkah yang dilakukan untuk penanganan terhadap lima belas peserta didik tersebut adalah dengan pendampingan dan edukasi dampak dari anemia dan upaya meningkatkan kadar Hb.

“Hendaknya di kantin Madrasah menyediakan aneka  makanan yang kandungan zat besi tinggi,dan menyediakan aneka buah buahan segar, Sehingga dimungkinkan anak anak dengan gejala anemia bisa mengkonsumsi makanan tersebut saat berada di lingkungan madrasah tempat menuntut ilmu,” ungkap dr. Dea dari Puskesmas Windusari.

Fathul mubin selaku kepala MTs Negeri 3 Magelang mengatakan bahwa kegiatan screening bagi peserta didik di MTs Negeri 3 Magelang merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya dengan tujuan mendeteksi secara dini permasalahan kesehatan pada peserta didik agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin serta tersedianya informasi untuk menilai perkembangan kesehatan peserta didik. Hal tersebut digunakan sebagai pertimbangan dalam menyusun program pembinaan kesehatan di Madrasah.(FS/Sua)