HUT BAZNAS, Pesan Kemenag Tingkatkan Peran, Tebar Manfaat Seluas luasnya Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan Sukarno menyampaikan ucapan Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) ke-22. Kepala Kankemenag berharap Baznas dapat terus meningkatkan perannya dalam menebar manfaat untuk kesejahteraan umat.

“Sebagai Kepala Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, saya mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Baznas ke-22 tahun 2022. Terus berikhtiar untuk mewujdukan visi  menjadi Lembaga Utama Menyejahterakan Umat, Tingkatkan peran, tebar manfaat seluas luasnya untuk kesejahteraan masyarakat,” pesan Kakankemenag, Selasa (17/1/2022).

Menurutnya, peran zakat sangat penting dalam usaha pemberdayaan potensi ekonomi umat. Solusi alternatif dan strategis yang ditawarkan Islam tiada lain adalah dengan sistem Pengelolaan (distribusi dan pendayagunaan) zakat yang produktif dan kreatif. Sebagai instrumen redistribusi harta, zakat sangat berperan untuk mempercepat kemudahan akses memperoleh kesehatan, pendidikan, sosial, dan ekonomi. Dengan demikian, zakat diharapkan dapat memutus rantai kemiskinan dan mempercepat kesejahteraan masyarakat.

Dikatakan Sukarno, selaku lembaga pengelola dan penyalur zakat, menjadi tugas Baznas untuk meningkatkan efektifitas peran pelayanan dalam mengelola zakat. Baznas juga dituntut melakukan inovasi dan terobosan dalam penyusunan program yang berorientasi pada kepentingan umat. Lebih dari itu, Baznas harus senantiasa meningkatkan akuntabilitas dan memelihara komitmen keumatan dan kemanusiaan.

“Saya berharap Baznas agar semakin memperkuat koordinasi dan sinergi dengan Kementerian Agama sebagai leading sector regulasi, kebijakan dan pengawasan pengelolaan zakat. Baznas juga perlu terus meningkatkan kerjasama dengan berbagai instansi, ormas-ormas Islam, dan sebagainya,” tutupnya. (MTb)