Kemenag Pati Gelar Jalan Sehat dan Deklarasi Damai

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – Kementerian Agama Kabupaten Pati mengelar Jalan Sehat Kerukunan dan Deklarasi Damai Umat Beragama di halaman kantor setempat, Sabtu, (14/1/2023).

Jalan sehat diikuti oleh ribuan ASN dan sejumlah tokoh lintas agama dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti ke-77 Kementerian Agama.

Selain itu, juga menggelar deklarasi dengan pesan penguatan moderisasi beragama serta meningkatkan kerukunan antar umat beragama.  

Kepala Subbag Tata Usaha Kantor Kemenag Kabupaten Pati Ahmad Syaiku mengatakan, meski Kabupaten Pati sangat kondusif, jauh dari konflik dan gesekan, namun bukan berarti acara ini tidak penting. “Momen seperti ini setidaknya bisa menggugah kita, kerukunan itu penting,” kata Syaiku. 

Jalan Sehat Kerukunan ini sebagai rangkaian dari peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama yang jatuh pada setiap 3 Januari. “Kerukunan sangat penting untuk terus dirawat dan membangkitkan kesadaran kita, kerukunan merupakan salah satu anugerah terindah,” ujar Syaiku.

Jalan sehat kerukunan mengambil rute dari halaman kantor kemenag menuju jalan panglima sudirman, jalan ronggowarsito dan jalan sunan kalijogo. Lalu kembali menuju ke halaman kantor kemenag Pati. 

Sementara itu, ketua panitia, Subhan menyampaikan tujuan dilaksanakan jalan sehat agar memiliki wawasan multikulturalisme. “Kegiatan ini agar kerukunan moderasi beragama tercipta. Serta gerakan yang memiliki wawasan multikulturalisme guna tetap terwujudnya persatuan dan kesatuan antar umat beragama,” kata Subhan.

Mengusung tema kerukunan umat untuk Indonesia hebat, panitia berharap dapat menciptakan suasana kabupaten pati yang aman, tentram dan kondusif. “Harapan kami terciptanya kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Pati menjadi modal dasar yang kuat untuk pembangunan. Dengan terciptanya suasana kondusif, aman dan tentram akan mempercepat lagi pembangunan pati,” ujarnya.

Jalan sehat juga menyediakan ratusan kupon undian hadiah bagi yang beruntung. hadiah yang disediakan seperti kulkas, televisi, sepeda gunung, dispenser, kipas angin, setrika dan ratusan hadiah lainnya.

Hadiah utama dalam jalan sehat ialah kulkas, mesin cuci, televisi dan sepeda gunung. Hadiah utama dibagikan langsung oleh KaSubbag TU, dan Sponsor Bank. Bazar DWP Kemenag Pati turut meramaikan jalan sehat tersebut.[at/Sua]