081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Kerjasama Dengan LAZ Kota Surakarta, UPZ Kemenag Tasarufkan Ratusan Juta Ke Mustahik

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – UPZ Kemenag Kota Surakarta bersinergi dengan LAZ Kota Surakarta mentasarufkan zakat yang telah dikelola selama periode tahun 2022 (05/01) di Aula Kemenag Kota Surakarta. Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Kankemenag Kota Surakarta, Hidayat Maskur setelah penyampaian laporan kegiatan dari Ketua UPZ, dalam hal ini Penyelenggara ZAWA, Encep Moh Ilham. “Kami laporkan bahwa ada 11 LAZ yang bekerja sama dengan kita, dan ikut mentasarufkan zakat nya di moment Hari Amal Bhakti ke 77 ini, dan kami sampaikan terima kasih tentu dengan harapan di tahun-tahun berikutnya akan terus kita lanjutkan kerjasama yang baik ini, “tuturnya. Ia menjelaskan bahwa pentasarufan periode tahun 2022 telah dilaksanakan dua kali, yaitu pada Bulan Romadhon dan pada momen HAB Kemenag saat ini.

Kegiatan dihadiri pula oleh Pengurus Dharma Wanita Persatuan Kemenag Kota Surakarta, yang juga akan bekerjasama mentasarufkan zakat pada anak yatim. Beberapa LAZ yang bersinergi dengan UPZ dalam pentasarufan kali ini antara lain ; LAZ FKAM, LAZ Yatim Mandiri, LAZ Nur Hidayah, LAZ BBI, LAZ Al Abidin, LAZ Dompet Sejuta Harapan, LAZ Solo Peduli, LAZ Al Ikhsan, LAZ Rumah Zakat, LAZ BMH, dan LAZ Nurul Hayat. Mustahik menerima pentasarufan berupa uang atau sembako atau perlengkapan ibadah atau bahkan dalam bentuk lainnya. Seperti 151 GPAI Non PNS Non Sertifikasi, 144 Guru MI, dan 80 Guru RA menerima pentasarufan zakat berupa seragam lurik dan ongkos jahit. 20 anak sekolah menerima paket perlengkapan sekolah, kemudian TPQ menerima mushaf, buku cerita dan uang tunai. Adapun zakat yang ditasarufkan total senilai 238 juta rupiah.

Kepala Kankemenag Kota Surakarta, Hidayat Maskur menyerahkan langsung secara simbolis pada perwakilan mustahik yang hadir. Ia berharap, pentasarufan zakat dapat memberikan manfaat pada penerima. “Jangan dilihat berapa nilai dan bentuknya, namun ini adalah wujud perhatian kami dan pertanggungjawaban kami atas zakat yang telah dikelola,”ujarnya. Hidayat berharap kegiatan ini bisa memotivasi LAZ lainnya, agar tidak menunda waktu pentasarufan dan tepat sasaran. “Jadi silakan nanti di share di medsos-medsos pribadi bapak ibu sekalian, agar informasi ini tersebar dan dibaca oleh lembaga zakat lainnya, dan semoga segera bisa mengikuti dengan kegiatan serupa,” tuntasnya. (may/bd)