Ketua DWP Infokan Makanan Gizi Seimbang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Dalam rapat kerja yang digelar di kantor sekretariat DWP Kota Semarang, Selasa (17/1/2023), perwakilan dari Dinas Kesehatan, Aniya Widiyani, berkesempatan menyampaikan materi tentang Konsumsi Pangan B2SA untuk Hidup Sehat, Aktif, dan Produktif kepada Unsur Pelaksana DWP se-Kota Semarang yang hadir dalam raker tersebut, diantaranya Ketua DWP Kemenag Kota Semarang.

Selepas mengikuti kegitan, Dwi Yuliarti Mukhlis Abdillah selaku Ketua DWP Kemenag Kota Semarang mengungkapkan, materi yang disampaikan sangat menarik, dan bermanfaat bagi kaum perempuan yang notabenenya seorang istri dan ibu. “Tema yang dipilih sangatlah tepat untuk disampaikan kepada DWP yang beranggotakan kaum hawa, yaitu seorang istri dan ibu yaitu, Konsumsi Pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) untuk Hidup sehat, Aktif dan Produktif,” ungkapnya.

“Menurut Ibu Any, hidup sehat, aktif dan produktif bisa terwujud dengan 3 dukungan penting yaitu, pola pangan B2SA, pola pikir dan pola hidup yang sehat,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia menuturkan, manfaat makan yang disampaikan oleh narasumber. “Menurut Beliau, makanan memiliki 3 manfaat sebagai zat gizi yaitu, zat tenaga yang diperoleh dari karbohidrat, zat pembangun dari protein, dan zat pengatur yang bersumber dari vitamin dan mineral,” tuturnya.

“Sebagian dari kita mungkin sudah paham mengenai jenis pangan apa saja sih yang merupakan sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Yang perlu lebih dikembangkan adalah pengetahuan tentang konsumsi pangan B2SA yaitu pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman. Karena hal ini diperlukan guna mewujudkan hidup sehat, aktif dan produktif,” sambungnya.

Ia menuturkan, pemateri mengajarkan takaran gizi yang seimbang untuk kebutuhan hidup sehat. “Kami diajarkan takaran 1 porsi karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Selain itu, kami juga diajarkan sajian bahan penukar 1 porsi untuk masing-masing zat gizi,” ujarnya.

“Rumusnya, sajian sekali makan berisi 1/2 piring buah dan sayur, 1/6 piring lauk pauk, dan 2/6 piring makanan pokok, atau perbandingannya dalam 1 piring yaitu, lauk : makanan pokok : buah dan sayur mayur adalah 1:2:3, serta 1 gelas air mineral. Pemateri menandaskan, kenyang itu tidak harus nasi,” terangnya.(NBA/bd)