KUA Kecamatan Genuk Terdampak Banjir. Berikut Upaya Kemenag

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Banjir yang melanda beberapa wilayah di Kota Semarang pada awal Januari 2023 turut menjadi keprihatinan keluarga besar Kankemenag Kota Semarang. Beberapa madrasah, guru, siswa, dan KUA juga turut terdampak banjir.

KUA Kecamatan Genuk, kondisinya pun turut memprihatinkan. Hal ini disampaikan Sumari, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Kasi Bimas Islam), pada saat rapat bersama dengan pejabat di lingkungan setempat, Selasa (17/1/2023). “Banjir yang terjadi pada awal Januari lalu, turut berdampak pada KUA Kecamatan Genuk. Saya mendapat laporan dari Kepala KUA, jika banjir melanda KUA setinggi lutut orang dewasa. Tentu hal ini menjadi kendala tersendiri bagi KUA dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Ia melaporkan kepada Kepala Kantor, jika telah melakukan beberapa upaya guna menyelesaikan permasalahan yang terjadi di KUA Kecamatan Genuk. “KUA Kecamatan Genuk berlokasi di daerah yang rawan terjadi banjir. Lantai KUA sudah kami tinggikan beberapa kali. Kondisi banjir kemarin memang yang terparah. Halaman KUA terendam banjir cukup tinggi. Kami pun bergerak cepat, dan melakukan pengurukan tanah di halaman depan KUA yaitu akses jalan menuju ke KUA, supaya pemberian layanan kepada masyarakat tetap bisa berjalan sebagaimana mestinya,” terangnya.

“Tetapi hal ini belum menyelesaikan masalah, karena setiap tahun, gedung KUA berpacu dengan ketinggian air banjir,” ungkapnya.

“Kami sedang mencari alternatif lahan yang memungkinkan untuk kami ajukan kepada Walikota Semarang guna pengajuan hibah. Tentu upaya ini tidak bisa dalam waktu cepat,” tuturnya.

“Upaya cepat lainnya yang kami lakukan adalah mengajukan bantuan ke Kanwil Kemenag Prov. Jateng, dan alhamdulillah permohonan ini direspon positif. Untuk itu, saat ini kami sedang berproses guna melengkapi persyaratan dokumen-dokumen apa saja yang diperlukan untuk pencairan anggaran bantuan rehab gedung KUA Kecamatan Genuk,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, ia pun memohon doa restu dari rekan-rekan kerjanya, agar ikhtiar tersebut diberikan kemudahan dan kelancaran, guna peningkatan layanan pada Kankemenag Kota Semarang, khususnya KUA Kecamatan Genuk.(Ari/NBA/bd)